Bocah Tenggelam Usai Pulang Sekolah TK dan Berenang Di Kaligelis Kudus

oleh -4,352 kali dibaca
Tim SAR BPBD Kudus sesaat sebelum bocah korban tenggelam diketemukan, Kamis 07/03/2024 (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Bocah berusia 4 tahun bernama Muhammad Tirta Hasan dilaporkan tenggelam di Sungai Gelis yang mengalir di Desa Singocandi, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus pada Kamis, 7 Maret 2024.

Ayah korban bernama Nur Akhlis (38)s saat ditemui ditepi sungai gelis menunggu tim SAR mencari keberadaan anaknya menceritakan, peristiwa berawal saat korban bermain di pinggir sungai bersama kembarannya dan satu teman lainnya yang seumuran.

“Dia bersama saudara kembarnya Muhamad Tejo Husain dan satu temanya yang bernama Ariel bermain di TK. Sepulang sekolah TK, sekitar pukul 10.30 anak-anak tersebut pergi ke pinggir sungai untuk bermain tanpa memberitahu nenek maupun ibunya yang sedang bekerja tidak jauh dari rumah mereka. Karena gak ada di rumah, neneknya mencari dimana mereka. Terus ketemu dua orang, yang satu hilang. Adiknya (kembaran Hasan) bilang kalau kakaknya tenggelam,” ungkap Akhlis.

Ayah korban mengaku tidak menyangka kalau anak-anaknya bermain ke sungai. Terlebih lokasi rumah mereka yang berada di RT 7 RW 1 Desa Singocandi, Kecamatan Kota, Kudus, jauh dari sungai.

“Gak menyangka kalau mereka main ke sini, karena jarak rumah juga jauh dari sungai. Mereka main ke sini juga gak ada yang tahu, gak izin,” ceritanya, Kamis (07/03/2024).

Pada pukul 11.25 korban sehabis jajan di warung korban berniat Mandi di sungai Gelis namun temanya Ariel pulang ke rumah tidak ikut mandi .

Menurut Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kudus Munaji, korban mandi disungai ( Hasan) mandi ke tengah dan Saudara kembarnya Husain mandi di pinggir ,karena tidak bisa berenang akhirnya terpeleset dan terbawa arus di kedalaman sekitar 3 meter.

“Mengetahui kejadian tersebut Saudara kembarnya Husain menangis dan meminta tolong ke warga, Sselajutnya di teruskan ke Pihak terkait,” kata Munaji.

Setelah mendapat laporan tersebut, tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus langsung melakukan pencarian ke area sungai yang menjadi lokasi tenggelamnya korban.

Tidak lama berselang, sekitar pukul 14.00 WIB tim BPBD Kudus mendapat laporan warga Desa Demaan, Kecamatan Kota yang menemukan sosok anak kecil mengambang dan tersangkut dahan di aliran Sungai Gelis.

Tim BPBD pun langsung datang ke lokasi untuk mengevakuasi korban. Setelah diperiksa, anak kecil tersebut ternyata Hasan yang sebelumnya dilaporkan tenggelam dan ditemukan dalam keadaan meninggal.

Saksi Mata, Ahmad menceritakan, korban ditemukan dalam keadaan mengambang dan tengkurap mengenakan kaos dan celana pendek.

“Kita langsung melapor ke pihak BPBD, terus ada relawan yang datang ke sini untuk mengevakuasi korban,” ujarnya.

Selama proses evakuasi, Ahmad mengatakan bahwa semuanya lancar. Aliran air di sungai dengan kedalaman sekitar 1 hingga 1,5 meter itu tenang.

“Proses evakuasinya lancar, ada satu orang relawan pakai pelampung langsung evakuasi dan membawa korban lewat sini (menunjuk tanggul sungai),” ceritanya.

Setelah dievakuasi, korban langsung dibawa menuju ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Loekmono Hadi Kudus menggunakan ambulans untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.