Bupati Pati Resmikan Prasasti Mathias Soegijono

oleh -1,282 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) -Mengenang Mathias Soegijono sebagai perintis pendidikan menengah pertama di Bumi Mina Tani. Bupati Pati, Haryanto resmikan prasasti beliau di halaman Hotel Pati, Jumat (21/07/2017).

Diketahui, Mathias Soegijono akrab disebut Pak Giek, merupakan pendiri SMP Rendole yang dilanjutkan dengan merintis pembangunan SMPN Pati (kini SMPN 1 Pati -red).

“Beliau memiliki komitmen yang tinggi, untuk mencerdaskan anak-anak di wilayah Pati dan sekitarnya, di tengah masa penjajahan kolonial Belanda dan Jepang,” beber Haryanto.

Atas jasanya itu, lanjut Bupati Pati, Pemkab memberikan piagam penghargaan sebagai Pejuang dan Bapak Pendidikan Kabupaten Pati, kepada keluarga almarhum sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan beliau.

“Tanpa perjuangan dari Pak Giek, para murid kala itu pastinya tidak akan mendapatkan pendidikan yang layak. Karena perjuangan beliaulah, dibangun SMP Rendole, cikal bakal dari SMP Negeri 1 Pati di era penjajahan Jepang,” paparnya.

Sementara itu, Marsekal Muda TNI (Purn), Sri Diharto, sebagai alumni SMP Negeri 1 Pati dan salah satu pemrakarsa dibangunnya prasasti ini mengisahkan, sosok Pak Giek sebagai guru yang mampu mengobarkan semangat bagi para muridnya, untuk terus belajar meskipun di tengah keterbatasan. Konsistensi beliau yang lebih memilih menjadi pengajar di Pati, daripada menerima jabatan yang lebih tinggi di tingkat pusat, menjadikan para murid menaruh hormat dan segan terhadap beliau.

“Melalui peresmian prasasti ini, kami berharap Pemkab pati untuk meneladani perjuangan beliau, untuk fokus dan memajukan bidang pendidikan di Kabupaten Pati, sebagai bekal bagi pembentukan sumber daya manusia di Kabupaten Pati demi kemajuan daerah ini di masa mendatang,” imbaunya.

Dilokasi yang sama, putra pertama alm Pak Giek, Michael Sumariyanto mengatakan, keluarga besar Pak Giek berterima kasih atas peran alumni SMP Negeri 1 Pati bersama Pemkab Pati, yang telah membangun prasasti dan memberikan penghargaan kepada Pak Giek sebagai pejuang pendidikan Pati.

“Melalui prasasti ini, semoga para generasi pengajar muda di Kabupaten Pati dapat meneruskan perjuangan beliau, untuk mencerdaskan putra putri daerah sekaligus mencintai tanah air,” harapnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.