Dipersiapkan Ikuti Kejuaraan Jateng, 16 Klub Ikuti AFK Kudus Futsal Championship

oleh -430 kali dibaca
Atlet futsal Kudus berlaga di AFK Kudus Futsal Championship di GOR Bung Karno, Kudus, Jumat (25/2/2022). (Foto: YM)

Kudusm isknews.com – Meski Pengurus Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Kudus baru terdaftar resmi dalam keanggotaan KONI Kabupaten Kudus setahun yang lalu, namun pembinaan dan seleksi bibit-bibit pemain futsal di Kudus dari berbagai kelompok umur terus digiatkan oleh para pegiat dan pengurus AFK.

Apalagi dengan akan digelarnya Liga Futsal Provinsi Jawa Tengah 2022 oleh Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jawa Tengah pada bulan Mei mendatang, dimana diharapkan Tim Kudus dapat ikut berkiprah didalamnya.

Menurut Ketua Bidang Kompetisi AFK Kudus, Afrizal Widyatmokom pihaknya kini menggelar AFK Kudus Futsal Championship untuk menjaring atlet-atlet Futsal asal Kudus yang akan dia persiapkan pada even kejuaraan di tingkat Provinsi yakni Liga AFP Jawa Tengah.

“Jadi mulai hari ini kami laksanakan AFK Championship yang bakal digelar pada Jumat sampai Senin (25-28/2/2022) di GOR Bung Karno, Kudus. Diikuti oleh sebanyak 16 peserta,” kata Afrizal, Jumat (25/02/2022).

Menurutnyam total 16 klub futsal yang ikut serta merupakan anggota dari Asosiasi Futsal Kabupaten Kudus dan keseluruhannya merupakan klub yang berasal dari Kota Kretek.

Afrizal melanjutkan, dalam satu tim harus mengandung unsur ketentuan tersebut. Lalu, satu tim harus diisi minimal 14 pemain hingga maksimal 20 pemain dengan format pertandingan digelar dengan sistem empat grup.

“Satu grup diisi empat tim dengan format setengah kompetisi single match.Format pertandingannya berlangsung dalam 2×20 menit. Namun, ketika bola out waktu tetap berjalan. Kalau biasanya bola out kan waktu berhenti. Kalau aturan di kompetisi ini waktunya tetap berjalan. Pelaksanaan pertandingannya setiap hari dimulai pukul 08.00 sampai 16.00,” ungkapnya.

Nantinya, masing-masing grup diambil dua tim untuk menuju ke babak delapan besar. Setelah itu empat tim terbaik menuju ke babak semifinal dan dilanjutkan ke babak final.

“Di kompetisi ini pemainnnya wajib domisili Kudus. Harus menggunakan pemain U23 dengan ketentuan U19 nya 30 persen, U17 nya 20 persen dan sisanya U23 sebanyak 50 persen,” tambahnya.

Dirinci olehnya, untuk hari Jumat ini sebanyak delapan pertandingan digelar dengan mempertandingkan delapan laga. Yakni pada pukul 08.00 sampai 16.20.

“Delapan pertandingan yang digelar itu ada Putra Mandiri B vs Abakura,Putra Mandiri A vs 69 FC,
Muda FC vs Balmond FC, dan Amer Academy FC vs Volcano FC,” terangnya.

Dilanjutkannya, lalu ada juga pertandingan antara Halah Futsal vs Blackband, A vs GBU Futsal Club, Mistis FC vs Roedals, dan Maku FC vs Afga.

“Secara keseluruhan, di turnamen ini ada 16 tim asal Kudus yang ikut serta. Tiap-tiap tim diisi pemain U23 dengan ketentuan U19 nya 30 persen, U17 nya 20 persen dan sisanya U23 sebanyak 50 persen,” tutur dia.

Afrizal Widyatmoko menyebut bahwa pihaknya belum bisa menunjuk tim-tim unggulan di turnamen ini. Menurutnya, pemain yang ikut serta sudah bermain di beberapa Kejuaraan.

“Unggulan-unggulannya belum bisa sebut karena pemain-pemain di sini juga sudah sering main ke sana dan ke sini,” ungkapnya.

Afrizal mengungkapkan, format pertandingannya berlangsung dalam 2×20 menit. Namun, ketika bola out waktu tetap berjalan.

“Memang kami mempersiapkan ini untuk menjaring sejumlah atlet yang kami harapkan dapat memperkuat tim AFK Kudus pada gelaran Kejuaraan Futsal tingkat Provinsi Jawa Tengah nantinya. Tapi itu dengan catatan kalau kami kebagian anggaran dari KONI Kudus,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.