Disdikpora Kudus Liburkan Sekolah, Anak Tetap Belajar dan Tak Boleh Bermain Keluar Rumah

oleh

Kudus, isknews.com – Terhitung mulai Senin besok, anak sekolah di Kudus mulai dari tingkat PAUD hingga SMA, diliburkan selama dua pekan. Namun tetap harus belajar di rumah dan tak diperkenankan bermain keluar rumah.

Hal ini sebagai tindaklanjut Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah terkait perkembangan penyebaran virus covid 19 Corona. Pemerintah Kabupaten Kudus dalam hal ini Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga memutuskan untuk meliburkan di semua jenjang sekolah, mulai Senin (16/03/2020) hingga (29/03/2020).

Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus dengan nomor 420 1530 I 09.01 12020 dengan sifat segera dan penting, perihal Kesiapsiagaan dan Antisipasi penyebaran Covid-19 pada satuan pendidikan di Kabupaten Kudus.

TRENDING :  STIKES Muhammadiyah Buka Job Fair

Hal ini di sampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada. Menurutnya, dengan adanya Surat Edaran tersebut, Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga Kabupaten Kudus memutuskan untuk meliburkan semua siswa dari tingkat TK, SD hingga SMA/sederajat dan mereka akan menjalani proses belajar di rumah selama dua pekan ke depan.

gambar ilustrasi anak sekolah saat sedang kegiatan belajar mengajar (Foto: YM)

“Setelah kami mendapatkan salinan SE Gubernur, Disdikpora segera membuat Surat untuk Kepala Sekolah/UPT dan ketua PKBM,” Kata Harjuna saat dihubungi media ini, Minggu (15/03/2030) sore.

Dirinya meminta seluruh Kepala SMP Negeri dan Swasta, Kepala UPT Pendidikan Kecamatan agar menyampaikan kepada Kepala SD/TK Lembaga PAUD (KB/TPA/SPS) di lingkungannya serta Ketua PKBM I Pokjar Kesetaraan I Bimbingan Belajar I Lembaga Kursus dan Pelatihan) bersama seluruh jajarannya se-Kabupaten Kudus untuk melaksanakan kesiapsiagaan dan upaya pencegahan perkembangan dan peyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungannya masing-masing.

TRENDING :  Istri Panglima Takjub Pendidikan Vokasional SMK-SMK Di Kudus

“Peserta didik melaksanakan belajar di rumah selama 14 (empat belas) hari kalender terhitung sejak Senin tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 29 Maret 2020. Namun Pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan satuan pendidikan tetap melaksanakan tugas dengan tetap menjalankan upaya pencegahan dan tetap menjaga kewaspadaan terhadap penyebaran COVID-19 di lingkungan satuan pendidikan,” terangnya.

Peserta didik melaksanakan proses belajar di rumah sesuai dengan materi pembelajaran dan tugas yang diberikan oleh pendidik serta mengurangi aktivitas di luar rumah.

TRENDING :  Gedung Sport Center Bernama " Gor Musthofa Kudus "

“Peserta didik belajar di rumah dengan tidak keluar rumah atau bermain di luar rumah atau liburan dengan keluarga teman ke tempat rekreasi di dalam dan luar kota ataupun pulang kampung, Peserta didik belajar di rumah dengan tetap menjaga dan melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” tuturnya.

Kabar liburnya kegiatan belajar mengajar juga ada pada masyarakat kampus. Di Kudus sejumlah kampus juga sudah mengeluarkan surat edaran untuk meliburkan mahasiswanya, namun kegiatan ujian tetap berjalan dengan tanpa melibatkan pertemuan atau kerumunan mahasiswa di kampus.

Seperti di IAIN dan UMKU Kudus, Ujian Tengah Smester tetap diselenggarakan sesuai jadwal dengan online sesuai kesepakatan dosen dan mahasiswa. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :