Dituding Sering Kotori Jalan, 27 Kontainer Sampah Milik Dinas Perdagangan Rusak Parah

oleh

Kudus, isknews.com – Seorang warga sempat mengadukan ke media ini, terkait sampah yang seringkali berceceran di jalanan sekitar kediamannya. Usut punya usut ternyata sampah sampah itu berasal dari sejumlah truk kontainer pengangkut sampah yang kontainernya rusak parah.

Memang rusaknya sejumlah kontainer pengangkut sampah seringkali dikeluhkan oleh warga, betapa tidak kontainer itu seringkali justru memuntahkan sampah-sampah itu dijalanan, akibat terjatuh dari lobang-lobang besar yang menganga dari dinding berlobang disana-sini.

Menindaklanjuti hal ini, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Sudiharti melalui Kabid Pengelolaan Pasar, Albertus Harys Yunanto mengaku jika pihaknya telah melakukan upaya penambalan terhadap kontainer kontainer sampah yang berlubang. Hanya saja, pihaknya mengakui proses penambalan itu tidak menjadi solusi jangka panjang untuk mengatasi kerusakan kontainer sampah yang ada di Kudus.

TRENDING :  Permudah Warga, Pemkab Kudus Buka Loket Pajak di Indomaret, Pos dan Go-Pay
Sebuah truk pengangkut kontainer sampah yang rusak melintas dijalanan Dawe beberapa waktu lalu (foto: YM)

“Kerusakannya pada kerangkanya, jadi ditambalpun tidak bisa sepenuhnya menyelesaikan permasalahan yang ada,” ujarnya.

Menurutnya, faktor usia dan bahan dari kontainer sampah menjadi penyebab utama kerusakan yang terjadi pada kontainer kontainer tersebut. Selain itu, jenis sampah pasar yang didominasi dengan sampah basah yang bersifat asam. Diklaim pihaknya sebagai penyebab kontainer sampah mengalami korosi dan berlubang.

TRENDING :  Lantai Tiga Pasar Kliwon Mulai Difungsikan

“Ditambal dengan seng tebal, juga nantinya akan lubang lagi. Karena mengalami korosi akibat terpapar senyawa asam dari sampah pasar secara terus menerus,” jelasnya.

Kepada Lingkar Jateng, Harys mengatakan ada 27 kontainer sampah yang beroperasi di seluruh pasar tradisional di Kudus. Dari jumlah tersebut, diketahui 20 diantaranya kondisinya setengah layak pakai.

“Untuk kontainer yang mengalami kerusakan parah sudah kami tarik semua,” lanjutnya.

TRENDING :  Kasus Praperadilan Dakwaan Pencurian Motor, JPU Tidak Dilengkapi Sprinlidik

Sempat mengusulkan pengadaan 20 kontainer sampah baru dalam APBD 2020. Dalam realisasinya, tahun ini pihaknya hanya menerima bantuan satu kontainer sampah senilai Rp. 30 juta.

“Idealnya, ada tambahan 20 kontainer lagi. Karena untuk pasar besar, paling tidak harus memiliki 2 kontainer sampah. Sedangkan pasar sedang dan kecil memiliki 1 kontainer sampah,” bebernya.

Untuk mengatasi keterbatasan armada pengangkut sampah pasar, pihaknya mengaku dibantu oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :