Dongkrak Produktifitas, Puluhan Petani Ikuti Kursus Agribisnis Kedelai

by
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Demi mendongkrak kualitas dan kuantitas produksi tanaman kedelai, kemarin puluhan petani mengikuti kursus agribisnis tanaman pangan bagi petani komoditas kedelai di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Al Mawaddah Desa Honggoso Kecamatan Jekulo Kudus, Selasa (10/10/17).

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Catur Sulistiyanto tersebut dimaksudkan untuk membekali kepada para petani dan memberikan pengetahuan wacana serta pemahaman tentang penanaman kedelai.

“ Pemerintah pusat mempunyai program upsus Pajale (Padi Jagung Kedelai). Jadi memang kedelai ada di urutan ketiga. Sebab program utama dari pemerintah adalah swasembada padi, jagung, kemudian baru kedelai ,” ujar Catur Sulistiyanto dihadapan peserta kursus.

TRENDING :  Keuntungan Ganda Mina Padi

Berdasarkan datanya, untuk mencapai swasembada Kedelai saat ini baru tercapai setengahnya. Yakni target 2,2 juta ton kebutuhan namun saat ini baru dihasilkan produksi kedelai 920 ribu ton.

TRENDING :  Dalam Semalam, 100 Ekor Tikus Terbunuh Terperangkap Aliran Listrik Di Lahan Sawah

Percepatan produksi dan distribusi benih sumber varietas unggul kedelai diupayakan melalui sosialisasi dan pengenalan varietas, serta pembekalan teknik produksi benih bagi penangkar di sentra produksi dengan melibatkan pihak terkait.

TRENDING :  Kudus Di Target Siapkan 10 Ribu Hektar PATB Sukseskan Swasembada Kedelai 2018

KOMENTAR SEDULUR ISK :