Giat Ramadhan di Sekolah Sarana Tingkatkan Kualitas IMTAQ Siswa

oleh -1,177 kali dibaca
Dokumentasi kegiatan Ramadhan SMA 1 Jekulo

Kudus, isknews.com – Memasuki Ramadhan, dibeberapa sekolah di Kudus mengintensifkan kegiatan bernuansa islam untuk mengisi Bulan Ramadhan 1438H. Hal tersebut adanya himbauan yang disampaikan oleh Kakankemenag Kabupaten Kudus melalui Kasi Pendidikan Agama Islam (PAIS), Jamilun, beberapa waktu lalu.

Jamilun mengatakan, himbauan terkait giat Ramadhan tersebut merupakan tindak lanjut dari perintah Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah tengah Mei lalu. Pihaknya telah menyampaikan himbauan ini dengan melayangkan surat kepada sekolah umum, mulai SD negeri/swasta, SMP negeri/swasta, dan SMA/SMK negeri/swasta.

Dokumentasi kegiatan Ramadhan SMA 1 Jekulo

“Terkait himbauan ini, kami juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, UPT Dinas Pendidikan Kecamatan  setempat, dan Pengawas PAI.

Jamilun mengatakan, Giat Ramadhan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa di sekolah. Pada hari pembelajaran aktif, sudah ada Rohis di masing-masing sekolah. Organisasi ini merupakan organisasi kerohanian siswa sebagai sarana berkegiatan memperdalam kajian Islam.

“Sedangkan Giat Ramadhan ini adalah kegiatan berkelanjutan dalam beberapa hari berturut-turut, di mana siswa bisa fokus menjalankan ibadah puasa dengan berbagai kegiatan yang positif, terutama mengaji atau kegiatan keagamaan lainnya,” kata Jamilun.

Ruchbah mengatakan, sesuai dengan surat Edaran Kakanwil tersebut, Giat Ramadhan bisa diadakan dalam kegiatan yang berbeda, sesuai kondisi sekolah. “Kegiatan Ramadhan ini bisa diadakan dalam bentuk Pesantren Kilat dan sejenisnya, disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing,” kata Jamilun.

Dengan Giat Ramadhan ini, Jamilun berharap bisa menghindarkan siswa dari kegiatan yang negatif selama bulan Ramadhan. “Sebaliknya, siswa mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang positif dan memahami bahwa esensi Ramadhan tak hanya menahan lapar dan dahaga, namun juga untuk meningkatkan ibadah,” pungkasnya. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.