Hobi Ikan Hias dari Kecil, Warga Jati Wetan Raup Omzet Hinga 60 Juta Perbulan

oleh -1.749 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Berawal dari hobi sejak kecil yang menyukai ikan cupang, Warga Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Noor Farid (37 tahun) sukses tekuni bisnis ikan hias. Bahkan dalam sebulan, dirinya bisa meraup omzet hingga 60 juta rupiah.

Berkat keuletan dan ketekunannya, Ayik, sapaan akrabnya, saat ini sudah memiliki 3 tempat peternakan ikan cupang. Ada berbagai jenis ikan cupang yang diternakkan olehnya. Antara lain, avatar halfmoon, cuper gold, gayen, avatar halfmoon cuper, avatar halfmoon cuper gold, bonsei, dan lainnya.

“Yang lagi laris di pasaran saat ini ada avatar halfmoon cuper gold, yang harganya bisa sampai 30 juta sepasangnya,” ujarnya.

Menurut Ayik, budidaya ikan cupang tidak terlalu sulit. Hanya saja butuh keuletan, ketekunan serta kesabaran yang lebih karena tidak langsung bisa membuahkan hasil dalam jangka panjang.

Untuk membuat trend ikan cupang terbaru saja, Ayik membutuhkan waktu hingga 2 tahun lamanya. Supaya mendapatkan genetik yang bagus dan sesuai dengan yang diharapkan.

Mulai dari perkawinan silangnya, peneluran, penetasan, pemilahan cupang yang bagus, hingga perawatan menjadi ikan cupang dewasa.

“Ini yang akan lounching jadi trend baru adalah ikan cupang trend avatar cuper halfmoon bonsai. Ini masih saya persiapkan dan untuk harganya belum bisa ditentukan,” tuturnya.

Untuk harga satu ikan cupang yang bagus dibanderol dari harga 1 juta hingga 30 juta rupiah. Hal tersebut dipengaruhi dari grade ikan cupang yang bagus atau tinggi, termasuk kualitas ikan yang bagus, warna yang bagus, umur, dan juga langka.

Saat ini, Ayik sudah memiliki 50 lebih reseller yang tersebar di seluruh Indonesia. Dis samping itu, dia juga sering melakukan lelang ikan cupang via sosial media facebook dan instagram.

“Kalau pemasaran sudah hampir seluruh Indonesia, seperti Sorong, Medan, dan Lombok,” tandasnya.

Ayik juga menceritakan, sebelum sukses menekuni di bidang tersebut, dari duduk bangku sekolah dasar (SD), dia sudah hobi mengoleksi ikan cupang.

Saat merintis bisnis ikan cupang pin tidak selalu berjalan mulus. Dia sempat mengalami kegagalan dan kerugian hingga jutaan rupiah.

Sementara modal awal yang dikeluarkan olehnya untuk merintis bisnis ikan cupang secara serius, cukup 100 ribu rupiah untuk mendapatkan sepasang ikan cupang koi. Saat ini, dia mendapatkan omzet hingga puluhan juta rupiah per bulannya.

“Dulu saya jual ke teman-teman pas masih kecil itu harganya 500 rupiah, sekarang Alhamdulillah bisa menjual dengan harga jutaan,” ujarnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.