Inovatif, Sambut Hari Kemerdekaan, Pijar Park Hadirkan Tiwul Merah Putih

oleh -803 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-76, Pijar Park hadirkan kreasi tiwul merah putih tepat di tanggal 17 Agustus 2020 besok. Kreasi tiwul merah putih digagas bakal memadukan nuansa tradisional dan milineal.

Pemilik Kafe Berpijar di Pijar Park, Pujiharto, mengungkapkan, ide pembuatan tiwul nuansa kemerdekaan ini dilakukan secara spontan. Bahkan kreasi ini baru diciptakan Sabtu (14/08) kemarin.

“Dalam rangka hari kemerdekaan, kami membuat kreasi tiwul merah putih agar bisa diterima di kalangan millenial,” ucapnya pada Sabtu (14/8).

Untuk komposisi sendiri, lanjut Atok, olahan singkong tersebut yang sudah menjadi tiwul dipadukan dengan parutan kelapa muda untuk menciptakan warna putih. Sementara untuk memberikan warna merah, dia membuat selai strawberry yang diolah dengan ekstrak parijoto.

“Karena di Kajar sedang ramai dengan olahan singkong, maka kami membuat menu olahan singkong dan menggunakan ekstrak parijoto untuk melestarikan kearifan lokal di Kajar,” imbuhnya.

Menariknya, tiwul merah putih yang baru akan dijual secara terbatas ini, juga akan dipatok dengan harga tanggal perayaan kemerdekaan. Yaitu, seharga 17 ribu untuk satu porsinya.

Diharapkan, makan khas jawa tersebut bisa dinikmati oleh kalangan milineal. Sehingga bisa mendongkrak kembali nama Desa Kajar yang potensial dengan olahan singkong.

Mengingat sudah banyak olahan singkong berbentuk gethuk, maka tiwul ini diharapkan bisa jadi menu baru bagi masyarakat.

“Tiwul sendiri itu kan makanan tradisional yang disukai oleh orang-orang tua dahulu, akhirnya saya berfikiran gimana caranya membuat tiwul agar tetap disukai oleh anak-anak muda sekarang,” ungkapnya.

Untuk menjaga kualitas dan cita rasa tiwul di Pijar Park, ia memilih untuk mengolah sendiri singkongnya dari awal. Meskipun ada banyak tiwul instal yang dijual di pasaran.

“Proses pembuatannya cukup panjang. Walaupun prosesnya lama, tapi itu yang menjadi ciri khas kami,” tutupnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.