Jadi Pembicara Seminar Kewirausahaan IAIN Kudus, Musthofa Ajak Mahasiswa Keluar Zona Nyaman

oleh

Kudus, isknews.com – Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PDI Perjuangan H. Musthofa hadir sebagai pembicara utama dalam Seminar Kewirausahaan & Sosialisasi Peran dan Fungsi Bank Indonesia Dalam Pengendalian Inflasi Daerah yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) IPS Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Rabu (11/03/2020).

Selain Musthofa, hadir pula Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) , Iss Savitri Hafid, Humas Bank Indonesia Ignatius Adhi Nugroho, Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, dan UKM Bambang Tri Waluyo, SH. serta 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa Prodi tadris IPS, Mahasiswa IAIN, Karangtaruna, dan pelaku UMKM di Kab. Kudus.

TRENDING :  Kelompok Bahan Bakar Alami Inflasi 1,32 Persen
Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PDI Perjuangan H. Musthofa hadir sebagai pembicara utama dalam Seminar Kewirausahaan & Sosialisasi Peran dan Fungsi Bank Indonesia Dalam Pengendalian Inflasi Daerah (Foto: YM)

Iss Safitri dalam sesinya menyampaikan, sejumlah prioritas program  sosial BI diantaranya peningkatan SDM Unggul, program pemberdayaan UMKM, program penguatan pariwisata dan pelestarian budaya, program penguatan pengembangan ekonomi syariah, program pengembangan ekonomi dan keungan digital serta program kepedulian sosial.

Dia juga membeberkan strategi pengendalian inflasi yang menurutnya tidak terlepas dari berbagai upaya dalam mengendalikan harga yang mengacu pada program Pandawa Lima atau pengendalian dan pengawasan harga melalui lima langkah.

“Yakni, pemenuhan ketersediaan pasokan, pembentukan harga yang terjangkau, pendistribusian pasokan aman dan lancar, perluasan akses informasi, dan penerapan protokol manajemen harga,” terangnya.

TRENDING :  OJK : 2016, Indeks Literasi & Inklusi Keuangan Meningkat

Sementara Musthofa meminta kepada para mahasiswa untuk berani keluar dari comfort zone  (Zona nyaman).

“Selama 24 jam itu sisa dari waktu untuk tidur dan kuliah kalian, sisihkan waktu untuk berinvestasi melalui berorganisasi, menambah ilmu building relationship, dan modeling. 4 point ini merupakan modal bagi mahasiswa untuk bisa mengalokasikan waktunya terjun dalam dunia kewirausahaan,” katanya.

Usai mejadi pembicara seminar, Musthofa dihadapan sejumlah awak media mengatakan, Sesungguhnya dirinya selaku anggota DPR sedang menjalin kerjasama dengan Bank Indonesia dalam rangka sosialisasi pengendalian inflasi daerah di daerah pemilihannya Kudus, Jepara dan Demak.

TRENDING :  Salimah Kudus Galang Bantuan untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu

“Sesuai dengan tupoksi saya di komisi XI yang kami lakukan adalah, bagaimana bermitra dengan Bank Indonesia dan OJK  tentang bagaimana gambaran dan teori bahwa sosialisi pengendalian inflasi dapat dimulai dari tingkat mahasiswa hingga para dosen. Agar faham dan mengerti akan pentingnya mengendalikan inflasi,” katanya.

Menurut Mosthofa dirinya ingin mengkompetisikan para mahasiswa mahasiswi melalui semangat berwirausaha dengan sportif dan baik.

“Bagaimanapun merekalah nantilah yang akan menjadi pelaku usaha. Kedepannya akan mampu mengantarkan negara ini menuju pertumbuhan, perkembangan, dan ketahanan ekonomi nasional yang diawali dari embrio-embrio para pelaku bisnis muda ini,” tandas Musthofa. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :