Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian Pati Langsungkan Tindakan Preventif

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Dinas Pertanian Pati langsungkan tindakan preventif jelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, dengan menginspeksi hewan ternak di Pasar Hewan Pragola Margorejo, Selasa (22/08/2017) kemarin. Hal tersebut, sebagai upaya untuk melindungi para calon pembeli hewan ternak.

“Kami periksa hewan mana yang memenuhi kesehatan dan persyaratan sebagai hewan kurban. Selain itu menghindarkan kecurangan seperti gigi dipatahkan biar terlihat poel, syukur di sini tidak ada,” ungkap Kabid Peternakan Dinas Pertanian Pati, Purwanto.

Selain itu, dari sisi kesehatan rata-rata hewan yang dijual, juga sudah memenuhi standar kesehatan. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir dengan hewan kurban yang dijual di pasar tersebut.

TRENDING :  Begal Kembali Beraksi, Warga Kudus Jadi Korban

“Pemeriksaannya meliputi fisik hewan ternak yakni pemeriksaan terhadap kulit ada tidaknya penyakit kulit, pincang dan penyakit kelamin, mata dan gigi. Semuanya hewan ternaknya sehat, masyarakat tidak perlu khawatir,” paparnya.

TRENDING :  Dua Luka Dalam Laka Lantas di Jembatan Kali Guno

Lanjut Purwanto, Bumi Mina Tani salah satu pemasok sapi di Jawa Tengah, bahkan Nusantara. Untuk itu, dengan adanya sidak hewan ternak ini, dia berharap agar masyarakat tidak perlu ragu untuk membeli hewan kurban.

“Masyarakat tak perlu takut dengan hewan ternak yang telah dibeli nantinya. Karena semua hewan ternak sudah melewati standar kelayakan untuk dijadikan hewan kurban,” tandasnya.
Sementara itu, salah satu pedagang hewan ternak di Pasar Hewan Pragola Margorejo mengaku, sangat senang dengan adanya inspeksi tersebut. Pasalnya, pembeli semakin yakin dengan kesehatan dan kelaikan ternak dagangannya untuk dijadikan hewan kurban.

TRENDING :  Genjot Perolehan Medali, KONI Pati Adakan Workshop PELATI

“Saya sangat senang, kalau ada seperti ini soalnya pembeli tidak akan takut beli hewan kurban dari saya. Ya berkah sekali, menjelang ‘bodo besar’ seperti ini dagangan saya selalu laku,” tandasnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :