Jelang Keberangkatan, Penjual Perlengkapan Haji Mendulang Rezeki

oleh
Foto: Sejumlah jemaah yang tengah berburu perlengkapan haji, Kamis (19-07-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Menjelang keberangkatan haji, penjual perlengkapan haji musiman mulai menjamur. Salah satunya, yang terlihat di Gedung Jamiyah Hujjaj Kudus (JHK) pada Kamis (19-07-2018). Di lokasi tersebut telah berdiri sejumlah lapak penjual perlengkapan haji yang selalu banjir pembeli.

Tak dipungkiri, momen haji ini banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengais rezeki, salah satunya mereka ini. Meskipun berjualan musiman, namun pendapatan yang mereka dapatkan sangat menggiurkan. Dalam sehari, mereka dapat meraih omset antara Rp 5-12 juta.

Eny, salah satu penjual peralatan haji di JHK mengaku pada momen seperti ini banyak jemaah yang berburu perlengkapan haji. Dan momen seperti ini tentu sayang dilewatkan begitu saja.

“Biasanya, jemaah mencari kaos, celana, bergo, kerudung besar hingga daleman kaos. Jika mencari sendiri di pasar, pastinya agak susah. Dengan begini, para jemaah tidak perlu repot mencari perlengkapan dan souvenir haji,” katanya.

Imbuhnya, “Tak hanya perlengkapan haji, kami juga menyediakan topi, sajadah dan kurma. Untuk harga perlengkapan haji cukup variatif dari Rp. 45-75 ribu. Kalau oleh-oleh antara Rp. 30-80 ribu,”

Nur, penjual asal Ungaran mengungkapkan musim haji tahun ini lebih semarak dibandingkan pada tahun sebelumnya. Hal ini berimbas pada meningkatnya omset usaha yang digelutinya tersebut.

“Jika tahun kemarin, setiap harinya saya dapat memperoleh omset tiga hingga enam juta rupiah. Alhamdulillah tahun ini dapat naik hingga dua kali lipat,” ujarnya.

Keberadaan para penjual perlengkapan haji juga disambut hangat oleh jemaah haji asal Kudus. Misalnya, Tri Winarni yang nampak memborong sejumlah perlengkapan dan souvenir haji.

“Saya merasa sangat terbantu dengan keadaan keberadaan para penjual perlengkapan haji di tempat ini. Karena di sini, barangnya lengkap, harganya juga terjangkau dan yang terpenting saya tidak perlu bersusah payah untuk mencarinya,” ujar Jemaah Haji asal Desa Purworejo tersebut. (NNC/WH).RERED

KOMENTAR SEDULUR ISK :