Kabid Peternakan :Populasi Ternak Kerbau 2.209 ekor. Kebutuhan Konsumsi Daging Kerbau Rata-Rata 2 – 3 ekor Perhari

oleh -1,057 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Perikanan Kehutanan Kabupaten Kudus, drh Sa’diyah, yang dihubungiisknews.com, Rabu (7/10), menyatakan selaku SKPD yang berkompeten dengan bidang peternakan, pembinaan terhadap kelomtan tani ternak terus menerus dilakukan, termasuk kepada para peternak kerbau di Dukuh Karangturi, Desa Setro Kalangan, Kecamatan Kaliwungu. “Meskipun kelomtannya sudah tidak aktif, petugas dari dinas masih secara rutin datang ke Karangturi, memantau perkembangan populasi kerbau, juga mengobati jika ada hewan peliharaan yang sakit.”
Dengan kata lain, kondisi yang terjadi pada Kelomtan Ternak Mahesa Danu, Dukuh Karangturi itu, memang sudah berlangsung lama, dan pihak dinas pun selama ini tidak berdiam diri saja. Pendekatan terhadap pemerintahhan desa setempat masih terus dilakukan, dengan tujuan jika memungkinkan disediakan lahan lainnnya, untuk mengkomunalkan (merelokasi) kandang-kandang kerbau milik peternak Dukuh Karangturi. “Dengan mengkomunalkan kandang-kandang ternak, pembinaan terhadap petani ternak lebih mudah. Yang jadi permasalahan memang kalau terjadi banjir, mau tidak mau peternak harus mengungsikan kerbaunya ke atas tanggul.”
Sa’diyah yang didampingi Kasie Produksi dan Budidaya Ternak, Sidi Pramono, menerangkan, semasa masih aktif, Kelomtan Ternak Kerbau Mahesa Danu, termasuk satu dari tiga Kelomtan ternak kerbau terbaik, se Kabupaten Kudus. Dua kelomtan lainnya adalah Kelomtan Ternak Kerbau Maheso Suro, Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, dan Kelomtan Ternak Kerbau Sendang Subur, Desa Lau, Kecamatan Dawe.
Kelomtan Ternak Kerbau Maheso Suro, dengan anggota sebanyak 28 peternak. Bangunan kandangnya dikomunalkan dengan menempati lahan yang disediakan pemerintah desa setempat. Demikian juga dengan Kelomtan Ternak Kerbau Sendang Subur, paguyubannya masih terus berjalan, dengan jumlah anggota sebanyak 10 peternak. “Kalau jumlah peternak kerbau seluruhny a di Kabupaten Kudus, sekitar 200 orang.”
Menyinggung tentang populasi kerbau di Kabupaten Kudus, Kepala Dinas Peternakan itu menerangkan, sampai dengan akhir semerter 1 2015 ini, populasinya mencapai sebanyak 2.209 ekor. Sedangkan kebutuhan konsumsi daging kerbau di Kudus, rata-rata 2 sampai 3 ekor Perhari. “Itu yang terpantau di rumah pemotongan hewan (RPH), belum termasuk yang dipotong di luar RPH.”(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :