Kajian Museum Kretek: Ada Usulan Nitosemito Jadi Pahlawan Nasional

oleh
Yudhi Ermawan, keluarga dan salah satu keturunan Raja Kretek Nitisemito

Kudus, isknews.com – Nama Nitisemito seorang pengusaha besar pada era masa lalu di Kudus yang dalam wikipedia disebutkan Nitisemito lahir di Kudus tahun 1863 dan meninggal tahun 1953 adalah raja kretek Kudus, pemilik pabrik kretek ‘Tjap Bal Tiga’.

Selain seorang pengusaha rokok yang sukses dimasanya, Nitisemito juga disebutkan merupakan salah satu orang yang mendukung kemerdekaan RI. Selama ini memang belum ada yang menulis bahkan mengurai sejarah Nitisemito dalam ikut membantu perjuangan Kemerdekaan RI.

Hal itu terungkap saat dilakukan “Kajian Koleksi Museum Kretek” yang digelar di ruang utama Museum Kretek Kudus dengan menghadirkan sejumlah pembicara diantaranya Kabid Kebudayaan Disbudpar Kudus, Lilik Ngesti W,  Kasi Pelestarian Museum JawaTengah Ronggowarsito, Laela Nur Hayati serta Kepala UPTD Museum Kretek Yusron dan perwakilan keluarga H. Nitisemito, Yudhi Ernawan, Sabtu (17/10/2020).

Patung Nitisemito di Museum Kretek Kudus (foto: YM)

Seperti disampaikan oleh keturunan Nitisemito Yudhi Ermawan, bahwa pada saat rapat BPUPKI sejumlah nama tokoh – tokoh sempat disebut oleh Bung Karno ikut hadir pada rapat persiapan kemerdekaan Indonesia tersebt dan salah satunya adalah nama Nitisemito.

“Kami sebagai pihak keluarga sangat mendukung bila eyangnya Nitisemito ada yang mengusulkan menjadi pahlawan nasional. Karena sangat tidak elok bila usulan itu hadir dari pihak keluarga. Biarlah rakyat dan warga yang menusulkan itu,” kata Yudhi usai gelar kajian dihadapan sejumlah awak media, Sabtu (17/20/2020).

Menurutnya, idealnya adalah pihak DPRD dan pemkab yang mengusulkannya. Diakui, prosedur untuk menjadikan seorang tokoh menjadi pahlawan nasional memang rumit. Apakah pantas atau tidak bila eyangnya menjadis seorang pahlawan nasional, semua itu diserahkan kepada publik dan pemkab.

Peserta “Kajian Koleksi Museum Kretek” yang digelar di ruang utama Museum Kretek Kudus diantaranya Kabid Kebudayaan Disbudpar Kudus, Lilik Ngesti W,  Kasi Pelestarian Museum JawaTengah Ronggowarsito, Laela Nur Hayati serta Kepala UPTD Museum Kretek Yusron dan perwakilan keluarga H. Nitisemito, Yudhi Ernawan (Foto: YM)

“Meskipun begitu kami mengucapkan terima kasih kepada pemkab atas penghargaan yang diberikan kepada Nitisemito sebagai sebuah nama jalan di Kudus,” tuturnya.

Sementara itu Kabid Kebudayaan pada Disbudpar Kudus, Lilik Ngesti W mengatakan sebagai seorang pengusaha pribumi kaya raya ketika dimasanya itu tidak mungkin seorang Nitisemito tidak ikut membantu perjuangan dalam Kemerdekaan RI.

“Apalagi menurut penjelasan keluarga, pak Nitisemitoini merupakan orang yang dekat dengan Presiden Soekarno ketika itu dan seringkali memberikan bantuan dan dana bagi para pejuang kemerdekaan kala itu<‘ terang Lilik.

Untuk itu kata Lilik, pihaknya akan menggali lebih dalam lagi terkait perjuagan seorang Nitisemito.

Dia juga berharap, di Kudus ini ada tokoh – tokoh pribumi yang bisa menjadi pahlawan nasional. 

“Entah dari raja kreteknya atau dari ketokohan dr. Loekmonohadi atau juga Sosrokartono. Nantinya akan dibuatkan diskripsi secara lengkap terkait tokoh – tokoh itu,” terangnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :