Kapolres Kudus Sebut Dua Desa Ini Berpotensi Rawan Saat Gelar Pilkades Serentak 30 Maret Depan

oleh -799 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Ada dua Desa yang dinilai rawan dan berpotensi panas saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan berlangsung pada pada 30 Maret 2022. Untuk itu dua Desa itu yakni Desa Mejobo dan Hadiwarno keduanya di Kecamatan Mejobo perlu dilakukan pengawasan ekstra sebagai antisipasi gangguan keamanan pada pelaksanaan Pilkades yang akan digelar serentak di 7 desa di Kabupeten Kudus.

Ditemui usai menghadiri acara di Pengadilan Negeri Kudus, Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama mengatakan tujuh desa yang akan mengadakan Pilkades reguler yakni Desa Langgardalem dan Kaliputu di Kecamatan Kota. Loram Kulon di Kecamatan Jati, Undaan Lor di Kecamatan Undaan, Ternadi di Kecamatan Dawe, Mejobo dan Hadiwarno di Kecamatan Mejobo serta Desa Kirig Kecamatan Mejobo yang akan melaksanakan Pilkades Pergantian antar waktu (PAW).

Kapolres menyebut dari semua Desa tersebut dua desa di Kecamatan Mejobo perlu mendapatkan perhatian khusus. Sebab di dua tersebut dinilainya paling rawan dan berpotensi terjadi konflik antara pendukung calon kepala desa.

“Dari pengamatan dilapangan, yang berpotensi rawan itu di Kecamatan Mejobo, yakni desa Mejobo dan Hadiwarno,” kata Wiraga, Jumat (26/3/2022).

Kapolres Kudus AKBP Wiragama Dimas Tama

Sebagai langkah antisipasi terjadinya konflik saat Pilkades nanti, pihaknya akan menyiapkan sekitar 600 personel. Terdiri dari anggota kepolisian, TNI, hingga tim dari Pemerintah Kabupaten Kudus sendiri.

“Kami juga menyiapkan satu peleton cadangan, backup dari Brimob. Mengantisipasi adanya kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan,” ungkapnya.

Namun secara umum, dari hasil pantauan Wiraga, situasi menjelang Pilkades masih kondusif. Memang ada beberapa desa yang euforia pendukung cukup banyak, tetapi hal tersebut sudah dikondisikan.

Berkolaborasi dengan TNI, Polres Kudus sambangi tiap Cakades. Memberikan himbauan dan koordinasi agar bisa menjaga diri serta kondusifitas masa. Menghindari adanya kejadian yang tidak diinginkan nantinya.

“Secara umum situasi masih kondusif sampai saat ini. Kerawanan itu seperti botoh, masa pendukung masing-masing (Cakades), sudah kita antisipasi,” ucapnya.

Untuk itu, kepada semua Cakades yang didatanginya, Wiraga berpesan untuk selalu siap dengan hasil Pilkades nantinya. Baik itu mental untuk siap menang ataupun kalah.

“Intinya mereka harus siap kalah. Kalau menang, semua pasti siap. Kalau kalah tidak semuanya siap,” tandasnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.