Kekurangan Armada Truk Tangki, Polres, PWI & IJTI Kudus Dropping Air Bersih Gunakan Water Cannon

oleh

Kudus, isknews.com – Terkendala terbatasnya jumlah armada truk tangki air yang padat jadwal saat pelaksanaan bakti sosial bantuan air bersih di wilayah-wilayah yang sedang dilanda kekurangan air bersih di Kabupaten Kudus. Tak kurang akal, Polres Kudus turunkan kendaraan trantis pengangkut air mereka Water Cannon.

Kendaraan yang biasa digunakan polisi untuk menghalau masa demonstran saat akan bertindak anarkis itu, hari ini memiliki peran sosial kemanusiaan sebagai penampung air bersih yang akan disalurkan kepada warga yang sedang membutuhkannya.

Bekerjasama dengan PMI Kudus, PWI Kudus, IJTI Muria Raya, BEM UMK dan IAIN Kudus, dipimpin oleh Kapolres Kudus AKBP Saptono, ketua Bhayangkari Putri Saptono, Ketua PWI Saiful Anas dan Jamaah dari IJTI mereka bersama-sama menuju Desa Bulungcangkring Jekulo Kudus menyalurkan bantuan tersebut.

TRENDING :  Woii... takut anaknya tak diterima aksi blokir di lakukan.

Kegiatan tersebut disambut antusias oleh ratusan warga. Ngadimin (65) warga Desa Bulungcangkring RT 01 RW 10 mengaku musibah kekeringan telah melanda daerahnya sejak bulan Agustus lalu. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dia mengandalkan air isi ulang yang dijual seharga Rp. 4 ribu per galon.

“Sumurnya sudah lama kering, tidak mengeluarkan air sedikitpun. Tiap hari ya beli sekitar enam galon untuk masak, minum dan MCK,” sebutnya.

TRENDING :  Operasi Zebra Candi 2017 Hari Ini Dimulai
Kapolres Kudus AKBP Saptono saat mengucurkan air bersih dari watercannon ke ember-ember milik warga di wilayah kekeringan (Foto: YM)

Kepada media ini, dia mengaku sebelumnya pihaknya belum pernah menerima bantuan air bersih dari Pemkab, instansi maupun organisasi lainnya. Sehingga pihaknya menyambut antusias bantuan air bersih dari Polres Kudus ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ngatini. Nenek berusia 70 tahun itu mengaku sangat senang dengan adanya bantuan ini.

“Alhamdulillah, bantuan ini sangat membantu kami,” ujarnya.

Disisi lain, Kapolres Kudus, AKBP Saptono mengatakan bantuan 60ribu liter air bersih ini merupakan bentuk kepedulian sosial pihaknya terhadap musibah kekeringan yang tengah menimpa sebagian daerah di Kudus.

TRENDING :  Kelayakan Penghargaan Adipura Di Rembang, Dinilai Hari Sabtu

“Kami sediakan satu water canon dan sembilan tangki air bersih untuk di salurkan ke masyarakat yang terdampak kekeringan di Kudus. Utamanya di daerah Undaan,” sebutnya.

Melalui bantuan ini, pihaknya berharap dapat sedikit meringankan beban masyakat. Dan semakin mengeratkan hubungan pihaknya dengan masyarakat.

Rencananya bantuan air bersih ini tak hanya diberikan pada warga Kecamatan Jekulo saja namun juga akan disalurkan kepada warga di Kecamatan Undaan Kudus. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :