KKN, Mahasiswa Undip Ini Kenalkan Bahasa Jepang Dasar ke Warga Garung Lor

oleh -588 kali dibaca
Suasana zoom meeting pengenalan dasar bahasa Jepang oleh Hammam Mahasiswa KKN Undip (Foto: istimewa/Hammam)

Kudus, isknews.com – Universitas Diponegoro mengadakan KKN Tim II periode 2021 pada tangaal 30 Juni – 11 Agustus 2021, KKN kali ini bertemakan ““Pemberdayaan Masysarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”. Zaki Hammam Arsyad (23), Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Jepang, angkatan 2015 yang masuk dalam Tim II KKN Universitas Diponegoro mengadakan zoom meeting untuk pengenalan Bahasa Jepang dasar ke warga Desa Garung Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus pada Sabtu (18/07) lalu.

Dikatakannya, latar belakang mengapa dirinya memperkenalkan bahasa Jepang dasar tersebut kepada warga, lantaran Jepang merupakan salah satu negara yang bahasanya banyak dipelajari di dunia, di Indonesia banyak sekolah-sekolah yang mencantumkan Bahasa Jepang sebagai mata pelajaran dan universitas-universitas yang membuka jurusan Bahasa Jepang, salah satunya Universitas Diponegoro.

“Berlangsung interaktif dan diikuti oleh sebanyak belasan partisipan dari warga setempat, program ini berbasis pada SDGs poin keempat yaitu quality education,” ujar Hammam, Sabtu (31/07/2021).

Sebagai bagian dari program KKN yang diikutinya, ia memperkenalkan pPengenalan bahasa Jepang dasar ke warga Garung Lor ini melalui aplikasi zoom, dan materi yang disampaikan meliputi pengenalan abjad yang digunakan, salam-salam pada Bahasa Jepang (aisatsu) dan bagaimana cara memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Jepang.

Pada kesempatan tersebut salah satu warga menyampaikan bahwa pengenalan bahasa Jepang cukup tersampaikan dan cukup dapat di mengerti oleh mereka.

“Sehingga kami dapat menambah pengetahuan kami mengenai bahasa Jepang.” ujar peserta tersebut.

Di akhir zoom meeting warga juga dibekali dengan materi presentasi yang dikirimkan melalui WhatsApp, agar dapat dibagikan di grup atau orang terdekat.Dengan adanya pengenalan Bahasa Jepang ini diharapkan warga dapat mengerti abjad, salam, dan perkenalan diri dalam Bahasa Jepang. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.