Kreatif, Remaja Kudus Bisa Buat Film “Khayalan Merdeka”

oleh -1,665 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Remaja dari komunitas Omah Dongeng Marwah (ODM) ikut berpartisipasi dalam rangka Lomba Film Pendek 2017 pendidikan anak dan remaja yang diselenggarakan oleh Kemdikbud.

Dalam perlombaan Film Pendek tersebut remaja dari komunitas Omah Dongeng Marwah mengirimkan film yang berjudul “Khayalan Merdeka”. Film dengan durasi 9:48 ini diproduksi seluruhnya oleh remaja usia 13-15 tahun.

Film yang diproduksi remaja-remaja belia ini menceritakan, “Seorang veteran yang mempunyai sifat nasionalisme yang tinggi, yang menginginkan cucu semata wayangnya mempunyai sifat yang sama dengan kakeknya, paham betul dengan Indonesia dan berbagai macam seluk beluknya. Namun, sayangnya si cucu tidak memperdulikan ucapan sang kakek.

Menurut sejarawan Kudus dan penulis buku Djamhari, Edy Supratno mengatakan, “Film Khayalan Merdeka sebuah keberhasilan anak-anak ODM dalam berkarya, keberhasilan anak-anak secara mandiri setelah sebelumnya didampingi seorang profesional. Dengan berhasil mandiri maka kesempatan anak-anak ODM untuk berkarya lagi akan terbuka luas. Bukti keberhasilan itu adalah tahapan-tahapan dalam prosesnya sudah on the track, karena itu Khayalan Merdeka memang keren,” katanya.

Sementara itu menurut Andika Wardana mengatakan, “Buat saya tidak penting bagaimana hasil film itu, tapi proses kreatif kalian dari yang berawal dari tak bisa bikin film hingga bisa bikin film secara mandiri,” kata seorang pekerja kreatif tersebut.

Sedangkan kata Hasan Aoni Aziz, “Film itu idenya bagus, sangat kuat membawa pesan. Tapi, masih perlu lagi belajar dan belajar, tak ada yang sempurna, seperti saya membuat lagu lagu setiap waktu, tak ada yang langsung easy listening, sampai ditemukan akhirnya nada terbaik. Menurutnya, sangat subjektif memang, tapi begitulah proses belajar,” kata seorang pegiat seni.

Film ini didasari kesadaran remaja Omah Dongeng Marwah yang melihat banyak anak kecil yang tidak mencintai bangsa Indonesia.

Menuju HUT Indonesia yang ke 72 ini, film ini juga diharapkan bisa memotivasi anak-anak Indonesia untuk mencintai bangsa Indonesia, karena kalau bukan kita siapa lagi ? (Wh)

Ayo yang penasaran dengan film hasil karyanya bisa dilihat di https://youtu.be/lpD_OQW61uQ

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.