Kunjungan Kodam Diponegoro ke Kodim Demak

oleh -1,419 kali dibaca

Demak, isknews.com (Lintas Demak) – Tim Pengawasan dan Pengendalian serta Monitoring Program Pembinaan Ketahanan Pangan dari Kodam IV Diponegoro yang di pimpin oleh Mayor Inf May Ariyanto mengadakan Kunjungan Kerja ke Kodim 0716 Demak, Selasa (23/05/17).

Rombongan Tim langsung ke Makodim untuk melaksanakan Pengecekan Produk Administrasi Program Bin Ketahanan Pangan serta paparan Pasiter tentang kegiatan Program Pembinaan Ketahanan Pangan di Kodim 0716 Demak dan di lanjutkan pengisian checklist serta wawancara oleh para Babinsa dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Dalam kegiatan program pembinaan ketahanan pangan tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0716 Demak Letkol Inf Agung Udayana dalam sambutannya Dandim yang dibacakan oleh Pasiter Kodim Kapten Mulyadi mengatakan bahwa dalam rangka mendukung program pemerintah swasembada pangan yang dicanangkan oleh Presiden. Dalam kaitan mewujudkan itu, Kementerian Pertanian menggandeng TNI untuk bersama-sama turun ke sawah mengelola sawah. Bersama masyarakat TNI bahu-membahu menggarap sawah, memperbaiki irigasi hingga ikut melancarkan supaya pupuk sampai ke petani dengan benar, hingga bagaimana mengelola dan memilih bibit yang baik.

Adapun kegiatan pendampingan dalam program Upsus Swasembada pangan yang sudah kita laksanakan selama ini antara lain: pendampingan kepada kelompok tani binaan bersama PPL, pengembangan kawasan rumah pangan lestari, monitoring, pengawasan dan pengendalian di lokasi kegiatan pertanian, melaksanakan koordinasi dengan Pemda, Dinas Pertanian serta instansi terkait lainnya, dan melaporkan pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan yang telah dilaksanakan di seluruh wilayah Kodim Demak.

Selain itu dukungan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang diterima oleh jajaran Kodim 0716/Demak agar dapat digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal dalam rangka membantu petani dalam upaya percepatan tanam di wilayah masing-masing dengan tetap memperhati-kan tertib administrasi, pemeliharaan maupun perawatannya baik sebelum digunakan, pada saat digunakan maupun setelah digunakan.

Sementara itu Tim Wasdal dan Monitoring Ketahanan Pangan dari Kodan Diponeoro Juga mengunjungi dan melakukan pengecekan langsung ke lokasi giat Bin Han Pangan yang meliputi Rumah Pangan Lestari di Makodim 0716 Demak serta Demlot ikan tawar di Koramil kota dan dilanjutkan ke Model atau Demlot Sawah di desa Kalianyar Kec Wonosalam kab Demak.

Menurut Ketua Tim Wasdal  Mayor Inf May, mengatakan ”Kunci keberhasilan program untuk mensukseskan swasembada pangan yaitu niat yang tulus, singkronisaai koordinasi, kecepatan dan ketepatan dalam bekerja”, pesannya. (Wh)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.