Kurangi Penyebaran PMK Dispertan Kudus Semprot Pasar Hewan dengan Cairan Ecoenzim

oleh -110 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus melakukan penyemprotan di dua tempat pasar hewan yang ada di Kudus dengan cairan Ecoenzim.

Dua pasar yang di semprot dengan cairan Ecoenzim, yakni pasar hewan Gulang, Kecamatan Mejobo dan pasar hewan Jurang, Kecamatan Gebog, Kudus, Jawa Tengah, Senin (20/6).

Dari pantauan di lapangan, penyemprotan dilakukan oleh PMI Kudus dengan kondisi pasar hewan yang sepi tanpa adanya penjual hewan.

Sub Koordinator Produksi dan Kesehatan Hewan Dispertan Kudus Sidi Pramono mengatakan, penyemprotan dilakukan atas intruksi dari PMI Jawa Tengah.

“Hari ini Senin (20/6) penyemprotan kita bekerjasama dengan PMI cabang Kudus. PMI Jawa Tengah mengintruksikan untuk PMI yang ada di Kabupaten. Yang disemprotkan cairannya eco-enzmy,” katanya, Senin (20/6).

Penyemprotan dengan menggunakan Eco-enzmy terbukti saat penanganan Covid-19. Eco-enzmy ini terbuat dari bahan-bahan herbal, jadi aman untuk hewan.

“Kemarin terbukti saat penangana covid-19, Alhamdulillah berhasil untuk penyemprotan ini,” paparnya.

Untuk penyemprotan ini, lanjut Sidi, sudah dilakukan setiap habis hari pasaran (sebulan sekali sesuai hari yang ditetapkan, red) dan sebelum hari pasaran (sebulan sekali sesuai hari yang ditetapkan, red).

“Untuk penyemprotan pasar yang kosong saat ini, sebetulnya kegiatan penyemprotan sudah kita lakukan setiap habis pasaran dan sebelum pasaran,” jelasnya.

Data penyebaran PMK Kabupaten Kudus, per 20 Juni 2022 penyebaran merata di delapan kecamatan di Kudus. Ada 26 desa yang tertular dengan jumlah 386 ekor mengalami gejala klinis, dan 209 ekor sembuh.

Kemudian, ada 14 ekor dipotong paksa, 162 ekor tengah diobati dan satu ekor mati terkena PMK. Selain itu, ada 11 ekor positif PMK diantaranya 10 ekor sembuh dan satu mati.

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.