Kwarcab Kudus Ikuti Pembekalan Duta Perubahan Perilaku oleh Kwarnas

oleh -748 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni menyambut kehadiran rombongan Kwartir Nasional (Kwarnas) di Hotel Griptha, Senin (20/12/2021).

Kedatangan Waka Kwarnas, Brigjen TNI (Purn) Hasto Pratisto Yuwono didampingi Waka Bidang Abdimas Kwarda Jateng, Wika Bintang, dalam rangka memberikan Monev dan Pembekalan Duta Perubahan Perilaku. Selain diikuti Kwarcab Kudus, kegiatan juga diikuti oleh perwakilan dari Kwarcab Blora untuk menerima penghargaan dan bantuan untuk peningkatan Duta Perubahan Perilaku. 

Mawar Anggraeni dalam sambutannya sangat mengapresiasi kehadiran Kwarnas di Kabupaten Kudus. Ia menilai pembekalan duta perubahan perilaku sangat tepat diimplementasikan mengingat kondisi pandemi saat ini yang diharuskan hidup berdampingan dengan virus. Gerakan pramuka didorong untuk senantiasa mengedukasi lingkungan sekitar tentang pendisiplinan protokol kesehatan dan gaya hidup sehat demi menekan penyebaran virus Covid-19. 

“Kwarcab Kudus mendapat support dari Kwarnas dan Kwarda dalam duta perubahan perilaku. Kita perlu menindaklanjutinya dengan terus menyampaikan pesan hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, disiplin prokes dan dalam menjelang tahun baru untuk di rumah saja, menghindari kerumunan,” ujarnya. 

Selanjutnya, Waka Bidang Abdimas Kwarda Jateng, Wika Bintang, mendorong Kwarcab Kudus untuk menindaklanjuti hasil materi monev yang akan disampaikan Kwarnas dalam bentuk sosialisasi kepada kwarran. Pihaknya menargetkan Kwarcab Kudus mampu membentuk duta perubahan perilaku sebanyak dua sampai tiga ribu dari anggota gerakan pramuka. Implementasi duta perubahan perilaku dinilai relevan dengan new normal saat ini untuk mengajak masyarakat taat protokol kesehatan. 

“Kwarcab Kudus mudah-mudahan bisa tercapai target dua sampai tiga ribu duta perubahan perilaku, kami pun mendorong supaya hasil kegiatan ini ditindaklanjuti sampai ke tingkat kwartir ranting,” pesannya. 

Brigjen TNI (Purn) Hasto Pratisto Yuwono dalam mengawali penyampaian materi menyebut, gerakan pramuka dalam situasi pandemi harus menjadi pionir dalam pendisiplinan protokol kesehatan. Sebagai duta perubahan perilaku, imbauan dalam bentuk ajakan untuk menyukseskan vaksinasi juga perlu disampaikan kepada masyarakat. Pasalnya dengan kondisi saat ini, setiap individu harus mampu menyesuaikan diri, hidup berdampingan dengan virus atau gaya hidup new normal. 

“Penanganan Covid sudah sangat luar biasa dan berhasil menekan sehingga turun drastis. Vaksin dan masker tidak bisa dipisahkan dalam kondisi saat ini yang harus berdampingan dengan virus. Duta perubahan perilaku tentunya selalu memberikan imbauan prokes, dan sebentar lagi tahun baru imbauan untuk di rumah saja,” pesannya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :