Mahasiswa KKN IK IAIN Kudus Gebyarkan SIJINAN (Sinau Ngaji Dolanan) di Desa Mejobo

oleh -546 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Bimbingan belajar atau biasa disebut bimbel menjadi program kerja pada divisi Pendidikan KKN IK IAIN Kudus Desa Mejobo. Bimbel ini dilaksanakan dua kali pertemuan di hari Jum’at pada bulan September di balai desa Mejobo. Dan tidak hanya di hari Jumat saja, bimbel ini juga sudah menyelenggarkan di 4 titik per RW yang dilaksanakan Selasa malam dan Rabu malam.

Bimbel ini dihadiri siswa SD/MI dan SMP/Mts di sekitar desa Mejobo. Dengan memberikan materi Matematika, Bahasa Inggris dan konsultasi mata pelajaran siswa dapat terbantu akan permasalahan belajarnya.


Bimbel yang diselenggarakan oleh KKN IK desa Mejobo dinamakan bimbel “Fata” yang berarti bimbingan belajar untuk anak remaja ke bawah. Bimbel ini tidak seperti bimbel pada umumnya karena bimbel ini mengusung konsep SIJINAN yang berarti Sinau, ngaji, dolanan.


“Saya ingin anak-anak generasi sekarang ini tetap rajin belajar setiap malam. Seperti pada zaman kita dahulu sebelum android meluas, sehabis maghrib kita ramai-ramai ke surau untuk sholat maghrib, di lanjutkan ngaji Al-Qur’an kemudian belajar bersama. Jika ada waktu luang, kami berkumpul untuk bermain tradisional” jelas Anni Qurrotul Aini, bendahara divisi pendidikan.


Sebelum belajar, terlebih dahulu peserta bimbel dipimpin berdo’a dan pembacaan aqidatul awam, “kami memilih mengaji menggunakan nadzom aqidatul awam karena dalam nadzom tersebut kita mengajarkan anak mengenai ketauhidan dan mengenal Rasulullah” tegas Sainurin Devi sekretaris divisi pendidikan.


“Kami berharap peserta bimbel terlebih anak-anak desa Mejobo dapat mendawamkan pembacaan aqidatul awam sehabis maghrib.

Karena kami percaya dengan lagu yang kekinian dan nadzom sudah dipelajari di madrasah diniyyah, insyaAllah anak-anak dapat melanggengkan bacaan aqidatul awam dirumah masing-masing” tambah Putriani selaku ketua divisi pendidikan.


Dengan adanya permainan tradisional diharapkan siswa dapat mengenal akan budaya permainannya yang dapat dilestarikan, tidak melulu melalui game dari gadget yang telah meluas di zamannya ini. Bimbel Fata ini dilaksanakan tanpa dipungut biaya sepeserpun. Kegiatan ini untuk anak SD/MI-SMP/Mts.

Antusias peserta bimbel sangat besar, sekitar 50 anak mengikuti bimbel yang diselenggarakan oleh KKN IK IAIN Kudus Desa Mejobo. Selain itu, kami sebagai penyelenggara menyediakan hadiah menarik untuk peserta bimbel yang aktif dan fokus dengan pemberian kuis diakhir pembelajaran.


Dengan adanya bimbel ini diharapkan dapat bermanfaat bagi anak-anak desa Mejobo dan tim KKN IK desa Mejobo. (putriani/CH/ADH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.