Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Mengadakan Pelatihan Eco Print Bersama Anak-Anak di Desa Mejobo

oleh -503 kali dibaca

Pelatihan Eco Print salah satu program kerja yang sudah di rencanakan sejak awal oleh Divisi Lingkungan Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus di Desa Mejobo. Dengan sasarannya adalah anak-anak Di Desa Mejobo.

Tujuan diadakan pelatihan Eco Print yaitu untuk mengisi waktu luang anak – anak dengan menciptakan kerajinan dari alam seperti memanfaatkan dedaunan. Pelatihan ini berada di Balai Desa Mejobo, Kecamatan Mejobo, Kudus, Jawa Tengah, Minggu (26/9/2021).


Putriana, selaku ketua penyelenggara kegiatan pelatihan Eco Print ini menjelaskan bahwa “Sasaran pelatihan Eco Print yaitu anak-anak di Desa Mejobo alasannya karena lebih mudah mengaplikasikannya dan punya banyak waktu luang”.


Eco Print dari kata Eco yang berarti ekosistem dan print yang berarti cetak. Jadi, Eco Print yaitu pengambilan cetakan dari ekosistem. Teknik yang digunakan ini adalah pounding (tanpa direbus). Peserta yang mengikuti kurang lebih ada 20 anak dari Desa Mejobo.


Tahapan-tahapan dalam Eco Print yaitu pertama menyiapkan bahan-bahan (kain berwarna putih, plastik, palu, berbagai jenis dedaunan, air trawas). Selanjutnya, kain dilapisi plastik, lalu dedaunan dimasukkan kedalam kain dan dipukul rata sesuai bingkai dedaunan agar pigmen warnanya bisa keluar. Terakhir dikunci/agar tidak luntur dengan air trawas/air kapur.


“Alasan mengikuti kegiatan ini karena mengisi waktu luang dengan belajar dan bermain.” tutur Dewi Aslihah peserta Eco Print yang beralamat di Mejobo Karangmalang 9/4.


Dewi Aslihah juga mengucapkan ucapan terimakasih kepada Mas dan Mbak KKN-IK Desa Mejobo yang telah mengajari teknik Eco Print.


Sementara itu, peserta yang bernama M. Khana Taqya merupakan peserta Juara I dalam mengikuti pelatihan Eco Print. “Senang, enggak menyangka bisa mendapatkan juara I.” ucapnya. (ADH/*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.