Masan Kembali Jabat Ketua DPRD Kudus 2019 – 2024

oleh
Ketua dan wakil ketua DPRD Kudus saat diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Kudus (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Masan, Ketua sementara DPRD Kudus, akhirnya ditetapkan sebagai ketua difinitiff periode 2019-2024 semalam. Penetapan Masan sebagai ketua juga diikuti penetapan 3 anggota yang lain sebagai Wakil ketua. Keempatnya
dilantik dan diambil sumpah janjinya oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kudus Rudi Fakhrudin Abbas di Ruang Paripurna Gedung DPRD Kudus, Senin (25/09/2019).

Berada di jajaran wakil ketua adalah, Ilwani dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB),
Erna Sulistyawati dari Partai Golkar, dan Sulistyo Utomo dari Partai Gerinda. Pelantikan dan pengambilan sumpah janji itu menurut Sekwan DPRD Kudus Jadmiko Muhardi Setiyanto saat mebacakan pengantarnya adalah berdasarkan keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang memutuskan dan menetapkan pimpinan DPRD Kudus periode 2019-2024.

Masan Ketua DPC PDIP Kudus yang pada periode sebelumnya juga mengetuai DPRD Kudus ini pada pemilu lalu mengantongi suara terbanyak yakni 8.335 suara, mengaku akan menjunjung tinggi aspirasi rakyat. Sebab, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh anggota dewan.

TRENDING :  Retribusi Sejumlah Sarana Pelatihan Di BLK Di Usulkan Dicabut

Pekerjaan rumah yang dimaksud yakni permasalahan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pengangguran, dan kemiskinan. ”Kami akan berusaha agar keinginan masyarakat dapat terealisasi,” tandasnya.

Menurut Masan, fungsi DPRD Kudus ada tiga. Meliputi fungsi budgeting, control, legislasi. ”Kami akan manfaatkan sebaik-baiknya sesuai sumpah jabatan,” pungkasnya.

Menurut Masan, permasalahan yang ada di Kabupaten Kudus itu masih tergolong kompleks dan belum benar-benar selesai. Misalnya pembangunan jembatan kabupaten hingga fasilitas untuk pertanian.

Hadir pada pelantikan malam itu adalah Plt Bupati Kudus HM Hartopo, Dandim 0722
Letkol Arm Irwansyah, anggota Forkopimda yang lain, para ketua OPD dan BLUD, Camat, Lurah/Kades serta tamu undangan lainnya.

TRENDING :  Disidak Komisi C DPRD Kudus, Perusahaan Yang Diduga Caplok Tanah Milik Pengairan

Plt Bupati Kudus HM Hartopo dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pengambilan sumpah pimpinan DPRD Kudus. Ia berharap sumpah janji ini untuk menjadikan komitmen bersama.

Masan Ketua DPRD Kudus periode 2019-2024 (Foto: YM)

“Pertama saya secara pribadi dan pemerintah mengucapkan selamat atas pengambilan sumpah para pimpinan DPRD Kudus masa keanggotaan 2019-2024,” ungkapnya.

Ia mengatakan, sesuai dengan undang-undang nomor 17 tahun 2014 yang diubah dalam nomor 2 tahun 2018 tentang DPRD Kudus, menjelaskan bahwa DPRD Kudus memiliki fungsi anggaran dan pengawasan.

Persamaan persepsi dan persamaan tujuan untuk menyatukan langkah harus dapat senantiasa terjalin dan dipertahankan guna kemajuan Kabupaten Kudus. Begitu pula sinergitas yang baik dapat antara Pemerintah Kabupaten dan DPRD dalam menjalankan pemerintahan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kudus.

TRENDING :  Anggaran Minim PUPR Kudus Prioritaskan Perbaikan Jalan Rusak di Perkotaan

Lebih lanjut, HM Hartopo berharap, setelah pelantikan pimpinan DPRD ini, semua alat kelengkapan dewan dapat segera dibentuk, sehingga pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 dapat dilanjutkan, serta pelayanan publik dapat segera dilanjutkan, agar roda pembangunan dan pelayanan publik bisa kerja lebih efektif.

“Saya berharap setelah pelantikan ini, kelengkapan dewan segera terbentuk, sehingga pembahasan APBD dapat dilanjutkan, agar pembangunan serta pelayanan publik dapat berjalan lebih efektif,” ujarnya

“Mudah-mudahan Allah selalu menjaga para pimpinan, dan dalam mengemban tugas dan amanahnya pimpinan dewan diberikan kemudahan,” doanya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :