Meriah, Diwarnai Kirab Budaya Puncak Acara Peringatan Hari Bhayangkara 73 Di Alun Alun Kudus

oleh

Kudus, isknews.com  – Puncak peringatan HUT Bhayangkara ke -73 digelar dialun-alun Simpangtujuh Kudus. Diawali dengan upacara dengan inspektur Upacara Bupati Kudus HM Tamzil dan  komandan upacara oleh Kasatlantas Polres Kudus, Akp Ikrar Potawari.

Dalam sambutan peringatan HUT Bhayangkara ke-73 Bupati Kudus membacakan pidato Prsiden RRI Jokowi yang diantaranya menyampaikan, apresiasi kepada seluruh polisi karena telah memelihara keamanan, ketertiban, serta pelayanan masyarakat. Polri dinilai berhasil dalam penanganan terorisme dan narkoba, maupun mengamankan kegiatan baik yang bersifat nasional maupun internasional.

“Saya haturkan rasa hormat dan penghormatan tulus kepasa pendahulu polri atas jasa dan pengabdiannya. Terima kasih kepada seluruh anggota polri di seluruh wilayah Indonesia yang telah berhasil menangani berbagai kasus dan mengamankan berbagai kegiatan. Kinerja anda semua telah diapresiasi baik nasional dan internasional,” ucapnya.

TRENDING :  Tak Hanya Kirab, Wadah Masyarakat Angkat Budaya Dan Kearifan Lokal

Selain itu, HUT ke-73 Bhayangkara diharapkan menjadi refleksi untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi Polri. Bukan hanya tentang keberhasilan yang telah dicapai tapi harus menyadari adanya kelemahan dan kekurangan. Hal tersebut menegaskan kekurangan harus menjadi tantangan untuk menjadi lebih baik ke depannya.

“Kekurangan harus menjadi pemacu dalam meningkatkan kualitas polri. Saya harap polri terus mengintensifkan komunikasi dan berantas mafia hukum yang ada. Saya yakin polri dapat menjadi perekat kebhinekaan bangsa Indonesia,” harapnya.

Usai upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Bhayangkara, H.M. Tamzil beserta istri bersama wakil bupati H.M. Hartopo beserta istri menyerahkan beberapa penghargaan kepada pemenang lomba dalam rangka HUT Bhayangkara.

TRENDING :  Tepati Janji, Pemkab Alokasikan Anggaran Kegiatan Adat Budaya

Penampilan dari polisi cilik polres Kudus yang serempak dan rapi turut memeriahkan acara. Polisi cilik polres Kudus adalah perwakilan siswa-siswi dari 26 SD se-kabupaten Kudus asuhan polres Kudus. Barisan polisi cilik telah tampil di hadapan presiden Jokowi di Istora Senayan saat HUT Bhayangkara tahun lalu.

Rangkaian acara HUT Bhayangkara dilanjutkan dengan kirab budaya. Terdapat 25 tim yang tampil dihadapan bupati dan Forkopinda. H.M. Tamzil beserta Forkopinda memotong pita dan melepas balon untuk membuka kirab.

Peserta kirab budaya sendiri, terdiri dari marching band SMK Wisudha Karya, teater SMP 1, teater SMP 2 Kudus, dan Parade Busana dari SMK NU Banat Kabupaten Kudus. Tak hanya itu, kirab juga dimeriahkan Parade Barongsai serta yel-yel dari Kodim 0722 Kudus, Dinas Perhubungan Kudus, serta Satpol PP Kudus.

TRENDING :  Djarum Foundation Bakti Sosial ,”Pelatihan Pengelolaan Resiko Kebakaran dan Penyakit Dalam Program Peningkatan Menu Panti Asuhan “

Kapolres Kudus AKBP Saptono mengatakan, kirab budaya pada HUT kali ini dengan tujuannya memberitahu pada masyarakat jika Kudus punya banyak potensi. Terutama pada bidang budaya dan kreatifitas.

Salah satu peserta kirab budaya, kontingen SMK PGRI 1 Mejobo Kudus yang ikut memeriahkan peringatan HUT Bhayangkara ke 73 Polres Kudus (Foto: YM)

Kirab juga ditujukan untuk mempromosikan potensi-potensi yang dimilki para siswa-siswi di Kabupaten Kudus yang dirasa sudah saatnya untuk diketahui masyarakat luas. “Kudus punya banyak potensi,” lanjutnya.

Sementara terkait Hari Bhayangkara, Saptono berharap instansinya bisa lebih baik lagi terutama dalam hal pelayanan masyarakat. Kedekatan dengan masyarakat juga diharapkan bisa semakin terjalin.

“Dari tahun ke tahun kami upayakan peningkatan pelayanan,” lanjutnya.

Sementara Bupati Kudus HM Tamzil mengapresiasi kinerja Polres Kudus dalam hal pelayanan masyarakat. Terutama pada bidang keamanan dan ketertiban di masyarakat. “Polres Kudus telah bekerja dengan baik,” ucapnya.

Tamzil berharap, seiring berjalannya waktu, pelayanan dalam hal kamtibnas oleh Polres Kudus bisa semakin baik lagi. Serta Kabupaten Kudus bisa semakin kondusif dan aman.

“Selama ini Kudus dalam kategori kondusif,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :