Musim Kemarau, Warga Desa Banjarsari Harapkan Dropping Air Bersih

oleh -995 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Warga Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus, Pati, mulai kesulitan pasokan air bersih dari sejumlah mata air, akibat musim kemarau. Tidak hanya kebutuhan sehari-hari saja yang terganggu, dampak kekeringan juga mengancam gagalnya panen petani.

“Bencana kekeringan sudah mulai dirasakan sejak akhir bulan Juli lalu. Padahal, keberadaan sumber mata air masih sangat dibutuhkan oleh warga,” ungkap Kepala Desa Banjarsari, Edy Margiyono, Selasa (08/08/2017).

Selain itu, sebanyak 97 hektare lahan pertanian di desa tersebut, terancam gagal panen karena sulitnya air untuk mengairi sawah.

Untuk mengatasi kesulitan air, lanjut dia, agar Waduk Wilulang segera dibuka untuk mengatasi permasalahan itu. Menurut jadwal, waduk tersebut baru akan dibuka pada September nanti. Padahal, warga sudah sangat membutuhkan pengairan untuk lahan pertaniannya.

“Kami berharap agar ada percepatan pembukaan pintu debit air dari Waduk Wilulang, agar bisa membatu petani disini untuk mengairi lahan pertaniannya. Mengingat saat ini sudah banyak petani yang membutuhkan air, maka kami berharap agar jadwal pembukaan pintu waduk bisa dipercepat,” pinta Edy.

Sementara itu, salah seorang petani Sudirman (62) mengungkapkan, harus merogoh kocek lebih dalam untuk merawat tanaman padi miliknya. Pasalnya, untuk mendapatkan air dia harus menyewa mesin pompa air, guna menyedot air Sungai Silugonggo.

“Karena tidak ada hujan, sumber air mulai kering. Padahal, kami butuh air untuk merawat tanaman padi. Untuk mengatasi masalah itu, mau tidak mau kami harus meyedot air dengan mesin pompa dari sungai,” keluhnya.

Imbuh dia, agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati segera menyalurkan bantuan air bersih. Mengingat, saat ini sudah tidak ada turun hujan dan musim kemarau mulai menjelang, sehingga air bersih sulit didapatkan.

“Harapanya agar segera ada drooping bantuan air bersih. Sebab rata-rata sunber mata air disini sudah mulai mengering ,” harapnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.