Pecahkan Masalah Sampah Pemkab Pati Bangun Sistem Sanitary Landfill

oleh -1,133 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Meningkatnya sampah rumah tangga warga Bumi Mina Tani, menjadi persoalan tersendiri. Meski Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati sudah memberlakukan bank sampah dibeberapa titik, tapi masih belum mampu mengentaskan persoalan itu.

“Semakin lama semakin bertambah, kami belum mengetahui penyebab pastinya. Padahal, sudah ada bank sampah. Entah itu penyebabnya karena masyarakat semakin konsumtif, atau jumlah penduduk yang meningkat,” ungkap Plt Pengolahan Sampah TPA Sukorhajo, Agus Sudarmono, belum lama ini.

Tuntaskan masalah tersebut, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukoharjo, Pati bangun sanitary landfill yang lebih canggih untuk mengolah sampah. Pasalnya, sistem control landfill selama ini dianggap belum maksimal memproses sampah.

Bahkan, lubang sampah yang dibangun sejak tiga tahun, dari system control landfill di TPA tersebut semakin menyempit, karena banyaknya sampah dari warga yang setiap harinya selalu bertambah.

“Lubang sampah di TPA diperbaharui sejak tiga tahun ini. Kapasitas sampah setiap hari sebanyak 50 ton. Sementara, sejak tahun 2014 – sekarang, intensitas sampah naik menjadi 60 ton perharinya,” bebernya.

Lanjutnya, ada sekitar 60 orang pemulung di TPA tersebut. Keberadaan mereka, dinilai cukup membantu untuk memilah sampah, sehingga sampah yang diolah di TPA itu bisa dimaksimalkan.

“Mereka cukup membantu, dengan begitu beban sampah yang diolah dapat dimaksimalkan, hingga selesai pembuatan sanitary landfill yang dalam proses pembangunan,” ujarnya.

Rencananya, pembangunan sanitary landfill akan selesai akhir tahun ini. Dengan begitu, system control landfill yang sudah semakin menyempit. Bisa segera dipindah ke sanitary landfill yang lebih luas nantinya.

“Jika tidak ada pembuatan sanitary landfill, maka sampah yang lama ditutup dengan tanah kemudian membuat lubang baru untuk menampung. Karena masih proses pembangunan, sementara sampah ditampung dulu,” tandasnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.