Pemkab Kudus Pastikan Logistik Korban Banjir Aman

oleh -221 kali dibaca
Gambar ilustrasi saat elemen masyarakat dari Komite Medis RS Aisyiyah Kudus memberikan bantuan logistik bagi kebutuhan Dapur Umum di balai Desa Payaman bebrapa hari lalu (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus berusaha menangani banjir yang semakin meluap di sejumlah wilayah. Warga yang rumahnya terendam banjir cukup tinggi pun sudah dihimbau untuk mengungsi ke posko pengungsian yang sudah disediakan.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menjelaskan bahwa pihaknya akan memastikan seluruh logistik untuk para korban banjir bisa terpenuhi. Para korban banjir diharapkan tidak perlu khawatir dengan pemenuhan kebutuhannya dan mengutamakan keselamatannya terlebih dahulu.

“Banjir saat ini sudah semakin tinggi, warga yang rumahnya terendam banjir sudah kita ajak ke tempat pengungsian. Warga tidak perlu khawatir karena kebutuhannya sudah kami sediakan semua. Kita sudah siapkan dapur umum disana dan pastikan semua logistik para pengungsi dan korban banjir aman, jangan sampai ada korban banjir yang kelaparan” tegas Hartopo usai mengikuti rapat koordinasi siaga darurat bencana banjir dan tanah longsor di kabupaten kudus.

Terkait makanan, pengobatan gratis dan kebutuhan lain yang di perlukan dipastikan terus berjalan saat ini. Seluruh camat yang wilayahnya terdampak banjir juga diminta terus bersiaga dan fokus dalam penanganan banjir serta pemenuhan kebutuhan para pengungsi.

“Kita saat ini masih fokus dalam penanganan banjir, saya sudah keliling terus di lokasi-lokasi banjir, seluruh camat sudah kita suruh untuk menyiapkan semua kebutuhan para korban banjir dan penanganannya” ujarnya.

Meski demikian, masih ditemukan warga yang enggan mengungsi lantaran merasa sudah terbiasa dan khawatir dengan kemanan harta bendanya. “Mereka menganggap itu masih nyaman dan sudah terbiasa, padahal tetap berbahaya” imbuhnya.

Pihaknya terus melakukan pendekatan kepada warga supaya mau untuk mengungsi karena demi keselamatan mereka. Untuk pengungsi sendiri saat ini sudah diatas seribu orang yang terbagi ke berbagai posko -posko pengungsian yang ada di Kabupaten Kudus.

Sementara itu sejumlah elemen masyarakat baik secara individu maupun organisasi dan partai politik juga turut berpartisipasi dalam membantu suplai logistik bagi kebutuhan dapur umum.

Bahkan dari Komite Medis RS Aisyiyah Kudus juga turut memberikan bantuan dengan menurunkan sejumlah tenaga kesehatan untuk memeriksa warga terdampak banjir baik di penampungan pengungsi maupun di rumah-rumah warga. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.