Pemkab Pati Luncurkan Aplikasi Perizinan

oleh -1,458 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati luncurkan Sistem Pelayanan Terpadu (Siyandu) di Ruang Rapat Pragola Setda Pati, Selasa (01/08/2017). Dengan layanan ini, masyarakat akan dimudahkan dalam mengurus beragam perizinan.

Diketahui, aplikasi ini untuk sementara, hanya dapat digunakan guna mengurus empat perizinan yakni, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Izin Masuk Kota, serta Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Meski begitu, nantinya kurang lebih 42 perizianan akan masuk pada sistem tersebut.

“Sementara itu dulu memang masih jangka pendek, namun tahun ini kami akan upayakan 42 perizinan sudah bisa memakai aplikasi itu semua,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Sekda Pati, Haryono.

Sistem baru ini, lanjutnya, memang diharapkan bisa meningkatkan dan mempermudah pelayanan bagi masyarakat, yang hendak mengurus perijinan.

“Dengan Siyandu, nantinya sampai dimana perijinan yang diurus, kapan selesainya, maupun berapa hari target terselesaikannya bisa terlihat langsung oleh masyarakat penggunanya,” papar Haryono.

Imbuhnya, aplikasi ini sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat Bumi Mina Tani, yang sesuai dengan visi Bupati Pati, Haryanto. Yakni, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik.

Sementara itu, Plt Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pati, Sudiyono mengaku, pihaknya telah mempersiapkan dan melakukan pelatihan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam penggunaan aplikasi itu.

Selain itu, dia mengatakan sudah mengusulkan anggaran sebesar Rp 300 juta dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Pati untuk kesiapannya. Selain pelatihan SDM juga untuk infrastruktur yang memadai.

“Ini merupakan obsesi kami untuk bisa mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Karena dengan begitu pemohon, tidak perlu datang cukup melalui aplikasi ini semua perizinan sudah bisa terlayani,” tandasnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.