Pemkab Pati Tambah LPG Di Hari Raya

oleh -2,030 kali dibaca

Pati, isknews.com ( Lintas Pati ) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mengusulkan sebanyak empat persen kebutuhan Liquefied Petroleum Gas (LPG), kepada masyarakat pada Hari Raya Idul Adha. Dengan begitu, kebutuhan LPG yang tinggi di hari raya dapat terpenuhi secara merata.

“Kami sudah mengusulkan itu jauh-jauh hari, usulannya sebanyak 4 persen untuk Idul Adha. Ini lebih sedikit, dibanding bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri kemarin, yang mencapai 10 persen,” ungkap Kabag Perekonomian Setda Pati, Ahmad Kurnia melalui Kasubbag Industri Perdagangan Koperasi dan UMKM, Suwardi, Sabtu (02/09/2017).


Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga melakukan pemantauan harga LPG di lapangan. Dengan begitu, harga LPG bisa stabil termasuk pendistribusiannya. “Kami mengusulkan penambah LPG selama hari raya, termasuk pemantauan harga,” jelasnya.

Ditambahkan, saat ini Harga Eceran Tertinggi (HET) LPG 3 kilogram dari pangkalan yakni sebesar Rp 15.500. Sayangnya, sejumlah pengecer di daerah mematok harga yang bervariasi melebihi HET.

“Disejumlah lapangan harga pengecer untuk gas LPG masih bervariasi. Ini terjadi karena pangkalan tersebut, masih tercondong di wilayah kota dan di pusat kecamatan, sedangkan di desa-desa masih minim,” papar Suwardi.

Sehingga, imbuh dia, melambungnya harga eceran LPG di beberapa desa di Bumi Mina Tani. Hal itu disebabkan, adanya sistem “ngangsu” yakni penjualan LPG dari pengecer satu ke pengecer dua dan seterusnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.