Pemukulan 67 Bedug Tandai Pembukaan Pesta Rakyat Jateng

oleh -1,340 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Pemukulan 67 bedug oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan unsur Forkopinda menandai pembukaan Pesta Rakyat Jateng ke 67 di alun-alun Jepara, Jumat (25/8/2017). 67 bedug sengaja di pinjam dari sejumlah masjid untuk menandai Pesta Jateng ke 67 ini. Hadir dalam pembukaan itu, unsur Forkopinda Jepara, kepala daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Jateng, masyarakat hingga pelajar.

Ganjar Pranowo mengatakan, gelaran Pesta Rakyat Jateng ini memang sengaja tidak hanya digelar di Semarang, namun terus berpindah-pindah di Kabupaten lain di Jateng. Hal ini agar gelaran ini tidak hanya menjadi gawenya orang Semarang tetapi seluruh masyarakat Jawa Tengah. “Di tahun pertama lalu memang digelar di Semarang, tetapi tahun berikutnya digelar di Banyumas dan Magelang. Tahun ke empat ini kita gelar di Jepara,” kata Ganjar, Jumat (25/8/2017).

Dalam pembukaan ini, juga dilakukan launching Sadewa Market, yang merupakan mall online yang khusus menjual berbagai produk UMKM di Jawa Tengah. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan cyber ini memperjual belikan produk UMKM nya. Layanan Kartu Jateng Sejahtera juga diluncurkan dalam kegiatan Pesta Rakyat ini.

Dalam kesempatan ini, Ganjar juga sempat menantang kepada pelajar yang hadir untuk maju menyanyikan lagu macapat. Anisah, pelajar dari Kudus akhirnya memberanikan untuk naik ke panggung. Setelah berhasil menyanyikan lagu Pucung, siswi tersebut mendapatkan hadiah laptop.

Sekda Jateng Sri Purnomo selaku Ketua Panitia mengatakan, berbagai kegiatan digelar dalam Pesta Rakyat Jateng ini. Mulai dari pameran kriya Dekranasda, lomba futsal, lomba basket hingga pameran makanan tradisional. “Ada juga parade band hingga Bumi Kartini night run,” ujarnya.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengawali pembukaan ini dengan ucapan selamat datang kepada yang hadir. Marzuqi juga mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki oleh Jepara, mulai dari potensi wisata pantai hingga gunung. “Jepara ini memiliki garis pantai sekitar 83 KM berpasir putih yang sangat indah. Jepara juga memiliki puluhan pulau di Karimunjawa yang indah untuk dinikmati,” jelasnya.

Di pembukaan ini, juga ditampilkan berbagai pertunjukan seni tradisional seperti tari perjuangan Ratu Kalinyamat hingga Jathilan. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.