Peran Pengusaha Muda Songsong Indonesia Emas, BPC HIPMI Kudus Bekali Anggota Baru

oleh -1,174 kali dibaca
Ketua BPC HIPMI Kudus, Singgih Budiyono (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC Hipmi) Kabupaten Kudus melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Diklatcab) dan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) serta pelantikan anggota baru HIPMI PT IAIN, di Gedung SSBN Lantai 2 IAIN Kudus, Senin (15/01/2024).
Acara yang mengusung tema “Peran Pengusaha Muda Menuju Indonesia Emas” tersebut dihadiri sejumlah fungsionaris BPC HIPMI Kudus, Ketau HIPMI Jawa Tengah, Pengurus KADIN Kudus, wakil Dinas PMPTSP, Dandim 0722 dan tamu undangan.

Ketua BPC Hipmi Kudus, Singgih Budiyono menyampaikan, kegiatan Diklatcab merupakan agenda wajib yang dilakukan BPC Hipmi Kudus, sebagai sarana untuk memberikan wawasan mengenai kewirausahaan, ke-Hipmi-an, dan kebangsaan.

Suasana Diklat dan Rakercab serta pelantikan anggota HIPMI PT IAIN Kudus , Senin (16/01/2024) (Foto: YM)

“Acara itu nanti, anggota BPC Hipmi akan dapat sertifikat sebagai bukti dimana anggota dan pengurus sudah mengikuti Diklatcab itu,” katanya.

Kemudian, dilanjutkan dengan agenda Rakercab yang mana BPC Hipmi Kudus akan melakukan penyusunan program untuk setahun ke depan. Ada 12 bidang yang akan dibahas, dimana masing-masing bidang akan menyusun program sebagai acuan kegiatan Hipmi ke depan.

“Misalnya ada bidang OKK atau bidang kaderisasi yang akan melakukan pembukaan rekrutmen anggota baru. Hipmi juga mempunyai sayap organisasi, yaitu hipmi perguruan tinggi, di Kudus ada Hipmi UMK dan IAIN kudus,” terangnya.

Para pembicara dalam Diklat dan rakercab yang digelar oleh BPC HIPMI Kudus (Foto: YM)

Tidak hanya memperluas kaderisasi di perguruan tinggi, BPC Hipmi Kudus juga memiliki program menyasar santri-santri yang ada di pesantren. Pihaknya berkomitmen untuk menularkan pula jiwa kewirausahaan kepada para santri, pelajar hingga mahasiswa di Kabupaten Kudus.

“Anggota di Hipmi UMK ada 50 pengurus aktif dan total ada 150 anggota. Kalau di IAIN Kudus sekarang ada sekitar 40 yang aktif. Setelah pelantikan akan kita dorong rekrutmen mahasiswa di IAIN Kudus,” tuturnya.

Sementara itu, Pengurus Hipmi IAIN Kudus, Muhammad Faiz Anwar bertekad untuk mengajak para mahasiswa agar bisa bergabung dengan HIPMI Kudus. Sementara untuk pemberdayaan para anggota, pihaknya akan menggerakkan mereka agar segera memulai usaha.

Pihaknya pun membeberkan bahwa belum semua anggota BPC Hipmi Kudus memiliki usaha. Ada sekira 60 persen yang telah memiliki usaha, yang mayoritasnya meliputi usaha kerajinan buket bunga dan kuliner.

“Kita di tahun ini mencoba menggerakkan mahasiswa untuk langsung mulai usaha. Karena saya lihat untuk pergerakan di era saat ini terus terang menargetkan anak muda, tapi biasanya anak muda akan stagnan kalau tidak ada yang membimbing,” katanya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.