Perbaikan Jalan Alternatif Kudus – Jepara Dianggarkan Rp 2,5 Miliar

oleh -749 kali dibaca

KUDUS, ISKNEWS.COM – Perbaikan ruas jalan alternatif Kudus-Jepara (Jl Lingkar Kencing Jati – Kaliwungu) dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2021. Dalam hal ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar untuk perbaikan jalan tersebut.

Kepala Dinas PUPR Kudus, Arief Budi Siswanto mengatakan, ada tiga bidang yang dianggarakan PUPR pada perubahan APBD tahun ini, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 8,7 miliar.

“Tiga bidang tersebut, yakni Binamarga, PSDA, Tata Ruang dan Draenase. Dan khusus untuk rehabilitasi Jalan Lingkar Kencing, Jati – Kaliwungu, dinas menyiapkan dana sebesar Rp 2,5 miliar,” kata Arief, usai meninjau kondisi Jl Lingkar.

Kegiatan rehabilitasi pada akhir tahun ini di ruas jalan alternatif Kudus-Jepara, pihaknya optimis bisa dituntaskan.

“Setelah di sahkan APBD Perubahan, langsung kami kerjakan, target akhir tahun selesai,” tegasnya.

Lebih lanjut, Arief merincikan, total panjang Jalan Lingkar tersebut sekitar lima kilometer. Diperkirakan, kerusakan parah di jalan tersebut sepanjang 1,2 kilometer, sisanya mengalami rusak sedang dan ringan.

Lanjut Arief, kerusakan jalan tersebut diakibatkan muatan yang melebihi tonasi. “Banyak truk maupun kontainer yang muatannya terlalu berat atau over tonase lewat sini,”ujarnya.

Sementara itu, Kabid Bina Marga pada PUPR Kudus, Harry Wibowo menambahkan, ruas Jalan Lingkar Jati – Kaliwungu ini idealnya dibeton. Hal ini dikarenakan, kondisi arus lalu lintas Jalan alternatif Kudus-Jepara itu cukup padat.

“Mengingatkan saat ini belum ada anggaran, untuk saat ini yang dapat dilakukan adalah rehabilitasi,”jelas Harry.

Alokasi anggaran Perubahan itupun untuk pembuatan LPA (lapis pondasi agregat) dan AC-WC (asphalt concrete-wearing course) atau lapis aspal beton.

“Kalau nanti di tahun 2022 mendapat alokasi dari Bantuan Gubernur (Bangub), dapat dilakukan betonisasi di sini,”harapnya.(yy/ym)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.