Puluhan Ribu Bangunan di Kudus Tak Ber-IMB, Penertiban Terkendala Data Lapangan

oleh

Kudus, isknews.com – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kudus Revlisianto Subekti mengatakan proses penertiban puluhan ribu bangunan tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) terkendala data lapangan.

Dia menyebut, sampai saat ini pihaknya belum mengantongi data valid terkait jumlah bangunan tak ber-IMB di Kabupaten Kudus. Pasalnya, data yang dimilikinya hanya sebatas data gabungan dari beberapa OPD. Sedangkan untuk data induk yang valid sampai saat ini belum tersedia.

Penertiban sebuah bangunan tak ber IMB di perempatan seleko Kudus (Foto: YM)

“Untuk itu, kami coba usulkan untuk melakukan sensus bangunan,” jelasnya.

TRENDING :  Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Lantik Kepala Daerah

Meski begitu, dia menilai pelaksanaan dan penerapan sensus bangunan ini tidak akan mudah. Sebelum terjun ke lapangan, para petugas sensus itu tentunya harus dilatih dan dididik terlebih dahulu.

“Harus kita siapkan Sumber Daya Manusianya (SDM) terlebih dahulu,” ujarnya.

Penyiapan pertanyaan penunjang data sensus juga harus dipikir dengan matang. Dengan tujuaan, data yang didapat di lapangan benar-benar lengkap dan mencakup banyak aspek. Sehingga sangat berguna untuk kedepannya.

TRENDING :  77 Pejabat Eselon II, III, dan IV Kudus Dilantik

“Banyak aspek yang harus disentuh. Sehingga sekali jalan, data yang didapat bisa lengkap dan mencakup banyak aspek,” lanjutnya.

Untuk upaya penyensusan, kaya Revly, bisa meliputi keadaan rumah, bangunan rumah (semi atau permanen), fasilitias rumah, ketersediaan MCK, dan berbagai hal lainnya. Setelah itu, baru bisa diarahkan ke sensus kualitas SDM-nya.

“Kalau datanya lengkap bisa dijadikan rujukan bagi OPD lain. Seperti untuk pemberian bantuan dan sebaginya,”  terangnya.

Sebagaimana diketahui hingga kini, hanya ada 11 ribuan bangunan yang sudah mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sedang puluhan ribu bangunan lain tak berizin. Kebanyakan bangunan adalah rumah tinggal.

TRENDING :  Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Baru Mapolres Kudus di desa Klaling Jekulo

Realita di lapangan, kepemilikan IMB baru menjadi persoalan serius jika sang pemilik lahan sedang berhubungan dengan perbankkan ketika mengurus peminjaman. Atau persoalan ekonomi lain.

“Mindset seperti itu harus dibenahi, kegunaan IMB lebih dari itu, Sementara kami hanya menyosialisasi tentang pentingnya punya IMB,” tegasnya (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :