Rapat Paripurna DPRD : APBD TA 2021 PAD Kudus Terealisasi 137,88 Persen Target.

oleh -473 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus menggelar rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus tahun anggaran 2021 yang bertempat di ruang paripurna pada Kamis (7/4/2022).

Rapat paripurna penyampaian LKPJ tahun anggaran 2021 ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kudus Masan, Bupati Kudus HM Hartopo, Wakil Ketua DPRD Kudus Mukhasiron, Wakil Ketua DPRD Kudus Tri Erna Sulistyawati, Wakil Ketua DPRD Kudus Sulistyo Utomo, segenap anggota DPRD Kudus, jajaran forkopimda, dan yang mewakili serta OPD Kabupaten Kudus dan OPD terkait yang hadir secara fisik.
Dalam penyampaian LKPJ Tahun Anggaran 2021, Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan bahwa laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Pemkab Kudus tahun anggaran 2021 masih fokus dalam penanganan Covid-19.

“LKPJ 2021 ini kan penyampaiannya paling lambat 3 bulan setelah tahun 2021 berlalu. Karena masih ada pandemi luar biasa, tentunya banyak anggaran yang dialokasikan untuk penanganan covid-19,” katanya usai penyampaian LKPJ di ruang rapat paripurna DPRD Kudus pada Kamis (7/4/2022).

Ia berharap anggaran di tahun 2022 ini, anggaran untuk penanganan covid-19 bisa dialihkan untuk penanganan yang lain. Mengingat covid-19 sudah mulai mereda.

“Harapan kami di 2022 ini, Covid-19 tidak ada. Sebab meskipun ada dana TT untuk penanganan covid-19, tapi kondisis saat ini dana TT dianggarkan untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang urgent seperti di taman krida, dan atap di pasar kliwon,” ungkapnya.

Bupati Hartopo saat penyampaian LKPJ Pemkab Kudus tahun anggaran 2021 pada sidang paripurna DPRD Kudus (Foto: My)

Hartopo menjelaskan dalam APBD TA 2021, pendapatan asli daerah (PAD) terealisasi sekitar 137,88 persen dari target. Sementara pendapatan transfer terealisasi 102,29 persen dari target. Selanjutnya pelaksanaan Belanja Daerah pada tahun 2021 terserap sebesar 82,53 persen.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Kudus Masan menyampaikan penyampaian LKPJ tahun anggaran 2021 oleh Bupati Kudus akan diterima dan dibahas lebih lanjut oleh komisi-komisi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus.

“Kami yakin anggota DPRD dapat menerima apa yang disampaikan dan akan lebih diperdalam di rapat komisi, dengan pengelompokan bidang komisi masing-masing,” ujarnya.

Penyampaian LKPJ TA 2021 ini, merupakan tindak lanjut dari visi dan misi Kudus bangkit menuju Kabupaten Modern, Religius, Cerdas, dan Sejahtera. Pemkab Kudus telah menganggarkan dan merealisasikan pendapatan daerah untuk kesehatan, pendidikan anak dan pemberdayaan perempuan, serta perlindungan anak di Kabupaten Kudus.

Dari penyampaian LKPJ TA 2021 ini, Masan pun berharap agar generasi muda di Kabupaten Kudus semakin cerdas, religius, dan modern. Sehingga dapat menciptakan sesuatu yang dapat menjadikan Kudus sejahtera.

“Saya harap generasi mudai di Kudus semakin cerdas, religius, dan sejahtera sehingga menjadikan Kudus sejahtera,” tandasnya. (My/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.