Ratusan Petani Pemakai Air Desa Wates Ikuti Pemilihan Ketua P3A

oleh

Kudus, isknews.com – Ratusan petani dan penggarap sawah yang merupakan anggota Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Tirto Rejo Desa Wates, Kecamatan Undaan, Kabupeten Kudus, melakukan rapat anggota dengn agenda reorganisasi setelah berakhirnya masa bakti pengurus P3A periode 2017-2020.

Rapat yang agenda utamanya adalah pemilihan ketua baru, pembacaan laporan pertanggung jawaban pengurus lama dan penetapan rekomendasi sidang, dilaksanakan di Balai Desa Wates yang turut dihadiri oleh Camat Undaan Rifai Nawawi, Kepala Desa Wates Abdullah Assofi dan unsur muspika Undaan, Sabtu (20/09/2020).

Suasana pemilihan ketua P3A Desa Wates, Kecamatan Undaan, Kudus, Sabtu (20/09/2020) (Foto: YM)

Dalam rapat pemilihan yang berlangsung tak begitu lama, setelah ketua sidang membacakan tatib dan ditindaklanjuti pada dalam pembahasan rekomendasi sidang tidak menggunakan mekanisme lelang namun peserta rapat lebih menggunakan mekanisme pemilihan.

Pada sesi pemilihan, hasil rapat malam itu peserta rapat anggota P3A Desa Wates memilih kembali H Sadun secara aklamasi sebagai ketua baru P3A Periode 2020-2023.

Menurut ketua panitia pemilihan ketua P3A Desa Wates Noor Ahmad, seluruh anggota P3A Desa Wates adalah sebanyak 381 petani dan penggarap, dengan luas wilayah persawahan sebesar 420 hektar. Terdiri dari 5 blok yakni, Kauman, Nawangan, Kandangsari, Tego Mulyo dan Geden.

“Saya selaku ketua panitia tim 9 mengucapkan terima kasih. Semoga ketua terpilih baru ini amanah sesuai dengan keinginan masyarakat ke depannya semakin maju” tuturnya

Sementara itu, Kepala Desa Wates Abdullah Assofi menjelaskan kepada semua peserta dan anggota P3A yang hadir , terkait tentang kontribusi uang 500 juta secara cash itu berpengaruh besar terhadap kinerja pertanian di Desa Wates.

“Kenapa ada uang 500 juta didepan supaya petani semangat dalam pengelolaannya. Supaya panitia lebih memiliki rasa tanggung jawab sehingga kinerjanya dipertaruhkan” ucapnya.

Sebelumnya Camat Undaan Rifai Nawawi saat memberikan sambutannya mengapresiasi kepada petani dan penggarap anggota P3A Desa Wates yang malam itu akan melaksanakan pemilihan. Dia berharap ketua terpilih nanti bisa melaksanakan tugasnya sebagai pelaksana P3A di wilayahnya dengan baik.

“Bila ada sesuatu yang terkait dengan hal-hal baik fisik maupun administratif di Desa Wates sebaiknya dilakukan secara hierarkis dengan melapor ke Desa dan kemudian ke Kecamatan. Jangan lapornya ke media sosial,” kata dia.

H Sadun Yang terpilih malam itu terpilih mengaku berterimakasih atas kepercayaan warga kepada dirinya untuk mengelola kembali P3A di Desa. Saat disinggung kendala selama memimpin P3A periode lalu dia mengatakan ada satu titik pintu di wilayah kerjanya yang memang perlu perhatian.

“Kendala kami selama ini adalah saluran air PSDA di NG 5 karena lokasinya memang paling jauh sehingga harus dibantu dengan pompanisasi, segera setelah ini kami akan rapatkan untuk menyelesaikan masalah tersebut,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :