Ratusan Siswa SD dan MI Antusias Ikuti Lomba Gerak Jalan Peringati HUT RI Ke-74

oleh

Kudus, isknews.com – Hari pertama pelaksanaan lomba gerak jalan dalam rangka memperingari Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia yang ke-74, dilaksanakan oleh UPT Pendidikan Kecamatan Kota, Kudus, Senin (12/08/2019).

Sebanyak 56 SD/MI yang terdiri dari 108 regu yang terdiri dari 56 regu putra dan 52 regu putri mengirimkan kontingennya untuk mengikuti kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin instansi tersebut.

Bertempat di Gor Bung Karno, Kudus, para peserta tampak antusias mengikuti jalannya lomba. Tidak hanya menampilkan kekompakan dalam konsep peraturan baris berbaris (PBB) saja, melainkan ada beberapa yang memodifikasi kostum mereka dengan berbagai properti.

TRENDING :  UPT Pendidikan Kecamatan Kota Percontohan SD Kampus 1 Mutu

Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Kota Pusno, menyampaikan, kegiatan lomba gerak jalan ini, selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI, juga dilangsungkan untuk menumbuhkan karakter displin pada anak. Kemudian, anak-anak juga diajarkan untuk melatih kekompakan serta menghargai perbedaan dari masing-masing tim nya. Sehingga, dapat tercipta keharmonisasian serta keselarasan dalam gerakan jalannya maupun rasa kebersamaannya.

Salah satu kontingen peserta gerak jalan yang digelar oleh UPT Pendidikan Kecamatan Kota Kudus (foto: YM/YM)

“Anak-anak semangat dan sangat antusias dalam mengikuti lomba gerak jalan ini. Dan ini tidak hanya diikuti oleh SD negeri saja, tapi ada swasta dan madrasah ibtidaiyah (MI) juga. Jadi, harapannya, aak-anak bisa melatih kedispilannya, kekompakannya, dan juga cinta serta menghormati perbedaan-perbadaan mereka,” katanya.

TRENDING :  Presiden Joko Widodo Urung Buka Muktamar ke-XI Jatmi di Pati

Sementara itu, Arip Hidayat selaku Ketua Panitia Lomba Gerak jalan Kecamatan Kota, Kudus, menuturkan, sebelum dilangsungkan lomba gerak jalan ini, sudah dilakukan lomba eggrang bagi siswa-siswi SD/Mi dan lomba tonis para guru. Kemudian, pada 15 Agustus 2019 nanti akan dilanjutkan dengan lomba gerak jalan kategori guru/karyawan se-Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Besok Pagi Gubernur Ganjar Dijadwalkan Ke Pendopo, Buka Musrenbangwil Se Eks Karesidenan Pati Di Kudus

“Kalau untuk lomba gerak jalan ini, kriteria penilaiannya nanti adalah kecepatan, kekompakan, keseragaman,” katanya.

Diharapkan dengan adaya lomba semacam ini, dapat menumbuhkan sikap saling menghargai dan cinta tanh air, baik dari para siswa maupun dari guru/karyawan itu sendiri. Sehingga, ke depannya, kegiatan semacam ini bisa dilangsungkan kembali dengan semangat yang semakin bertambah dari tahun-tahun sebelumnya.

“Pesannya bagi anak, dari sini akan tumbuh karakter yang baik, taat peraturan, kemudian bisa menerima kekalahan dan kemengangan,” ujarnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :