Ratusan Warga Berebut Gunungan Hasil Bumi, Untuk Keberkahan Warga Dusun Conge Ngembalrejo Kudus

oleh

Kudus, isknews.com – Ratusan warga berdesakan berebut gunungan hasil bumi dalam tradisi Sedekah Bumi yang di gelar warga Dusun Conge Desa Ngembalrejo kecamatan Bae Kudus.  Mereka menyakini jika mendapatkan gunungan hasil bumi tersebut,akan mendapatkan keberkahan dan kelancaran rejeki.

rga berebut hasil bumi pada gunungan yang dipercaya kan memberikan keberkahan bagi warga Dusun Conge Ngembalrejo Kudus (Foto: YM)

Dengan format kirab budaya dan karnaval tradisional yang dilakukan dengan berjalan kaki dari makam perintis dusun Conge hingga finish di Makam mbah Rabiah sejumlah Gunungan sempat diarak keliling desa.

Gunungan hasil bumi yang di kirab hingga ke  makam leluhur mbah rabiyah, disana ratusan warga sudah menunggu dan langsung berhamburan mendekat menuju gunungan hasil bumi.

TRENDING :  Anak Palestina Ikut Andil di Jambore Panti Asuhan

Begitu tokoh agama selesai membacakan doa.tanpa menghiraukan keselamatan dirinya, ratusan warga saling berdesakan untuk mendapatkan gunungan yang berisi aneka hasil bumi tersebut.

Menurut salah satu warga bernama Muntini (37) ia rela berdesak desakan karena mereka mempercayai akan mendapatkan keberkahan dan kelancaran rejeki jika berhasil memperoleh isi gunungan hasil bumi tersebut setelah dikirab keliling desa.

TRENDING :  Perkenalkan Budaya Daerah Melalui Festival Lasem

 “Saya senang karena sayur-sayuran ini mengandung berkah leluhur kami. Semoga juga akan jadi berkah bagi keluarga kami,” kata Muntini yang datang bersama anaknya.

Sementara itu,Kepala Desa (Kades) Ngembalrejo Muhammad Zakaria mengaku, acara tersebut,merupakan puncak dari peringatan sedekah bumi warga  Dusun Conge yang  selalu jatuh bulan Apit pada penanggalan Jawa.

“Ini adalah even tahun ke dua di peringati dengan kirab sedekah bumi, acara ini sendiri, merupakan pesta dan ekspresi kegembiraan serta rasa syukur masyarakat Dusun Conge Desa Ngembalrejo,” ujarnya.

TRENDING :  Gagas 50K Kantong Darah, Bintang Toedjoe Ajak Kaum Muda Ikut Donor

 Ditambahkan oleh Kades , dengan mengarak hasil bumi yang mereka tanam selama satu tahun, saat ini lah mereka melakukan bersedekah kepada warga dengan membagi-bagikan rejeki berupa hasil bumi tersebut.

Tak heran jika rebutan hasil bumi tersebut memang diperuntukkan bagi warga.selain kepala desa, tokoh masyarakat, dan perangkat desa, dalam kirab tersebut,juga turut ditampilkan,kesenian tradisional barongan,rebana klasik.

“Nanti malam sebagai rangkaian puncak acara, di tempat ini juga digelar kesenian ketoprak,” tutur dia. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :