Revitalisasi PD Percetakan Kudus, Janjikan Target 50 Persen Laba Tercapai Semester Pertama

oleh -456 views
Pelaksana tugas Direktur PDPK Kudus, Harun Al Rasyid (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Manajemen Perusahaan Daerah Percetakan Kabupaten Kudus (PDPK) pasca dicopotnya direktur akibat kegagalan mencapai target tahun lalu, kini dibawah kendali pelaksana tugas direktur Harun Al Rasyid.

Setelah mengaku melakukan sejumlah revitalisasi kinerja dan pengelolaan, perusahaan bertekat akan mencetak laba sesuai target yang telah dicanangkan tahun sebelumnya. Sejumlah upaya dilakukan agar keuntungan perusahaan pelat merah tersebut tahun ini tercapai.

”Tahun ini kami ditarget mendapat keuntungan Rp 131 juta,” kata Pelaksana tugas Direktur PDPK Harun Al Rasyid kepada media ini, Selasa (30/03/2021) siang.

Pihaknya akan mengupayakan semester pertama meraih keuntungan sebesar Rp 50 juta. Tahun lalu, target Rp 131 juta, terealisasi Rp 42 juta.

”Banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan,” katanya.

Pelaksana tugas Direktur PDPK Kudus, Harun Al Rasyid (Foto: YM)

Salah satunya, komunikasi dengan para konsumen yang sebagian organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Kudus. Pembenahan internal menjadi persoalan berikutnya yang harus diselesaikan.

Selanjutnya, divisi marketing akan diperkuat. Selama ini tugas pemasaran tidak fokus. Pendekatan dengan pelanggan menjadi sasaran pembenahan berikutnya.

”Kami tidak mempunyai semacam Kepala Bagian Marketing,” jelasnya.
Sebenarnya, pihaknya sudah mengancangkan peremajaan mesin. Namun, pejabat yang baru 20 hari menduduki posisinya tersebut, menyatakan pencapaian target 2020 menjadi penyebabnya.

Jika mencapai target, penyertaan modal Rp 2,7 miliar dapat dicapai. Alokasi sebanyak itu diancangkan membeli dua unit peralatan produksi.
”Kami optimalkan potensi yang ada,” tandasnya.

Disinggung soal kondisi lokasi dan bangunan PDPK yang menurut banyak kalangan tidak representatif, dia mengakuinya. Berdiri di Jalan Kudus-Jepara nyaris tanpa tempat parkir yang representatif menjadi kendala berikutnya.

”Kami berusaha meningkatkan citra perubahan dengan perbaikan dan bahkan kalau memungkinkan pemindahan lokasi, tetapi saat sekarang belum dimungkinkan,” ujarnya.

Pihaknya sudah berusaha berkomunikasi awal dengan instansi terkait, namun keinginan tersebut belum ada solusinya. Keinginan pada masa mendatang, bangunan PDPK representatif seperti Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Kudus lainnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :