Rusak Berat, Perbaikan Taman Bojana Kudus Tunggu Investor

oleh -755 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kondisi bangunan Taman Bojana yang menjadi lokasi kuliner dipusat kota kini sudah dianggap tidak layak. Bekas Gedung Bioskop Ramayana itu kini penyangganya hanya tembok sedangkan kayu – kayunya juga sudah rusak berat.

Maka itu, Dinas Perdagangan Kudus sudah melaporkan kepada Bupati Kudus Hartopo. Berhubung keuangan daerah tidak mencukupi untuk rehab, maka dibutuhkan investor.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti, mengatakan, belum ada investor yang masuk, tapi sudah berupaya menawarkan. Kalau tidak dibongkar, bangunan tersebut bisa roboh. Penyangga bangunan hanya tembok, kayu-kayu sudah rusak berat.

”Status pedagang juga sudah tidak lagi sewa, sejak 2009. Kelihatannya, bangunan Taman Bojana tidak masuk cagar budaya, hanya bekas bioskop Ramayana. Tinggal menunggu investor,” ujarnya.

Pihaknya juga tidak bisa menjamin kepindahan pedagang kalau sewaktu-waktu harus pindah. Sudiharti, berencana untuk melakukan uji bangunan. Menurutnya, ada bukti dari pedagang HGB dari tahun 1997 sampai Juni 2009. Tapi, sekarang ini banyak yang sudah dialihkan ke orang lain atau disewakan.

”Bukti perjanjian sewa juga sudah tidak ada. Kalau nanti sudah ada hasil uji bangunan dan ada keterangan harus pindah, baru kami sosialisasi ke pedagang,” ungkapnya.

Terpisah Bupati Kudus Hartopo, menegaskan setuju bila Taman Bojana direhab. Memang, dana di pemerintah kabupaten (Pemkab) terbatas, sehingga butuh investor. Dan ini kata dia, bisa digarap serius oleh investor dan ditawarkan untuk dibangun pertokoan modern atau lainnya.

”Saya setuju saja, kalau Taman Bojana itu dibongkar total. Menurut saya, itu bukan bangunan cagar budaya (BCB). Berharap, segera dapat investor,” tandasnya.

Ia menambahkan, kepindahan pedagang memang belum tahu seperti apa. Menurutnya, fokus mencari investor, bila sudah dapat baru dipikirkan untuk kepindahan pedagang.

“Ada kepikiran untuk menempati lantai III pasar Kliwon, tapi belum diputuskan, melihat kondisi lebih dulu,” ujarnya.

Luas lahan Taman Bojana sekitar 3.300 meter persegi dan terdapat 129 kios yang ditempati pedagang kuliner maupun alat telekomunikasi, kosmetik, kaus, serta cinderamata.(yy/ym)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.