Satu Satunya Di Indonesia Mudik Gratis Di Sambut Di Pendopo dan Diantar Hingga Ke Rumah

oleh -1,127 kali dibaca

Kudus, isknews.com- sebanyak 77 orang pemudik gratis asal Jakarta gelombang 1 dengan menggunakan 3 buah bus (2 bus dari PO Adinata Nuria Trans dan 1 dari PO Haryanto), pada sekitar pukul 01.30 WIB dini hari tadi tiba di pelataran pendopo Kabupaten Kudus, Jum’at (1/7), para peserta Mudik Gratis dari Jakarta asal Kudus tersebut sebelumnya diminta untuk melakukan daftar ulang dahulu di  lokasi pemberangkatan, tepatnya di pintu masuk 1 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, dan pemberangkatan secara serentak dengan total sebanyak 190 Bus dengan tujuan seluruh kota-kota di pulau Jawa, dilakukan pada sekitar pukul 13.00 siang tadi.

Dari sejumlah total 150 orang pendaftar mudik gratis yang di selenggarakan dan dibeayai oleh Pemkab Kudus serta donasi dari seorang pengurus FKMK tersebut, yang melakukan daftar ulang hanya sejumlah 77 pemudik sisanya mengundurkan diri dengan sebab yang tidak diketahui, dan sebagian besar adalah warga asal Kecamatan Gebog.

Setibanya di Pendopo para pemudik disambut oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan informatika (Dishubkominfo) Didik Sugiharto dan di persilahkan untuk minum kopi atau teh dahulu bahkan memeriksakan kesehatannya bila ada yang merasa kurang sehat, Dalam sambutannya Didik mengatakan, “Penyambutan para pemudik ini sebagai bentuk rasa sayang dan tanggung jawab Bupati Kudus, kepada warganya, untuk selanjutnya para pemudik akan diantar ke rumah asal masing-masing di dampingi pak Camatnya masing-masing, besok kita masih ada lagi penyambutan pemudik gratis gelombang 2, yang terdiri dari 4 bus bagi pemudik asal provinsi Banten, yang di selenggarakan langsung oleh Gubernur Banten Rano Karno, dan di berangkatkan dari kota Tangerang Banten.” katanya.

2

Selanjutnya Didik menyampaikan, “Mudik gratis bagi warga kabupaten Kudus merupakan kebijaksanaan dari Bupati Kudus Musthofa, dalam rangka pelayanan kepada warga kabupaten Kudus yang bekerja di luar daerah sehingga diharapkan dengan adanya mudik gratis ini meringankan beban warga Kudus yang bekerja di daerah lain. Penyambutan para pemudik di pendopo Kabupaten yang kemudian diantarkan ke halaman rumah masing-masing hanya satu-satunya terjadi di Kabupaten Kudus, itulah bentuk rasa sayang Bupati kepada warganya, Pak Camat akan mengantar anda semua  sampai kerumah masing masing dimana hal ini daerah lain belum ada yang perhatiannya seperti Pemerintah kabupaten Kudus. mari kita doakan semoga Bapak Bupati langgeng meneruskan kepemimpinan sampai ketingkat Propins ” ujar Didik.

Selain Pemkab Kudus dalam hal ini Dishubkominfo Kabupaten Kudus, penyiapan pemberangkatan para pemudik ini juga dibantu partisipasi dan kerjasama dari Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) di Jakarta pimpinan Laksamana Madya purn. H. Eris Heryanto serta Ikatan Alumni SMA 1 Kudus (IASKU) pimpinan Nita Rini Dewi yang membantu logistik perbekalan minuman dan snack serta koordinasi dan publikasi pendaftaran bagi para peserta mudik gratis.

Dari Catatan Dishubkominfo Kudus, para peserta mudik gratis berasal dari Kecamatan Kota 20 orang, Mejobo 1 orang, Jati 8 Orang, Undaan  1 orang, Kaliwungu 7 orang, Dawe 2 orang dan Gebog 21 orang. Dan sebagian besar dari mereka adalah Buruh, karyawan dan Mahasiswa yang sedang mencari nafkah atau bersekolah di sana.

Menurut Faradila (22) pemudik warga desa Rendeng mahasiswi BSI Jakarta yang kost di Bekasi, dirinya begitu mendengar adanya pengumuman mudik gratis langsung mendaftarkan diri dan ikut program mudik gratis ini, “lumayan meski gratis tapi ini nyaman,” katanya,  demikian juga Nita (23) warga Jati yang karyawan sebuah perusahaan swasta berbasis online, dirinya bahkan sempat memesan tiket kereta api namun dibatalkan lalu memilih ikut program mudik gratis ini, “Karena disamping nyaman bisa langsung ke Kudus, di banding naik kereta api, yang masih harus di jemput keluarga ke Stasiun Kerata Api di Tawang Semarang, jadi agak repot, maka saya pilih ikut mudik gratis ini.” ujarnya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :