Sembilan Unit Motor Patwal Baru Dishub Kudus Siap Kawal Kegiatan Dinas Bupati

oleh -178 kali dibaca
Sekretaris Dishub, Putut Sri Kuncoro, saat menunjukkan detil kelengkapan unit motor operasional Dishub yang baru (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Kendaraan operasional Patroli Pengawal (Patwal) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus diremajakan. Sebanyak sembilan unit sepeda motor baru yang akan khusus digunakan untuk kegiatan pengawalan kini tampak telah berjajar diarea parkir kantor tersebut.

Dari pantauan media ini sembilan sepeda motor jenis Yamaha Vixion 150 cc berwarna dasar putih ini dibalut livery dan sticker decal khas identitas Dishub Kudus.

Terdapat pula penambahan asesoris khusus layaknya sebuah kendaraan pengawalan yakni dilengkapi dengan tongkat lampu strobo, sirine, pengeras suara dan miropon komando serta boks bagasi tambahan di kanan-kiri serta belakang motor.

Menurut Sekretaris Dishub Putut Sri Kuncoro, sembilan unit motor ini akan segera digunakan oleh staf pengawalan lalau-lintas menggantikan tujuh unit motor operasional yang lama yakni Honda Megapro yang telah dianggap uzur untuk kegiatan tersebut.

Putut menjelaskan, pengadaan unit sepeda motor tersebut berasal dari alokasi dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus.

“Sembilan motor tersebut SOP nya memang diproyeksikan untuk pengawalan kegiatan kedinasan Bupati Kudus dan tidak boleh digunakan untuk hal lain,” katanya, Senin (04/07/2022).

Pihaknya pun sudah menyiagakan tim khusus tersendiri untuk kegiatan pengawalan bupati. Total ada sembilan petugas Dishub Kudus yang akan selalu siaga mengawal Bupati Kudus menggunakan kendaraan baru tersebut.

“Tim tersebut nantinya akan selalu standby di pendopo untuk mengawal kegiatan Bupati Kudus,” ucapnya.

Sebelumnya, Dishub Kudus sudah memiliki tujuh armada untuk pengawalan kegiatan bupati. Ketujuh armada itu pun kini ditarik dan dilimpahkan ke bidang lalu lintas Dishub Kudus.

“Armada sebelumnya kami ganti karena sudah terlalu lama digunakan, jadi sudah saatnya ganti. Kami terakhir melakukan pengadaan armada pengawalan itu sudah sejak tahun 2014 lalu,” bebernya.

Ia menyebut, total anggaran yang digunakan untuk pengadaan armada baru itu yakni senilai Rp 280 juta. Masing-masing sepeda motor tersebut senilai Rp 31 juta.

“Armada baru itu sudah dikirimkan dari Jakarta sejak tanggal 24 Juni 2022 kemarin,” ucapnya.

Jenis sepeda motor yang digunakan untuk armada pengawalan itu yakni Yamaha Vixion 150 CC. Sepeda motor itu pun dilengkapi boks di bagian samping kiri dan kanan.

Putut menerangkan, petugas yang diterjunkan dalam kegiatan pengawalan tersebut juga telah mendapatkan pembinaan terlebih dahulu. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polres Kudus terkait tugas pengawalan tersebut.

“Kami tetap ada pembinaan terkait cara pengawalan harus bagaimana, karena ada aturan khususnya. Terutama prioritas traffic, saat lampu merah harus berhenti, kecuali dalam keadaan darurat,” tuturnya.

Sementara, keberadaan tujuh unit motor patwal yang lama, Putut mengatakan akan dimanfaatkan bagi operasional Bidang yang lain.

Tak hanya itu, selain sembilan unit motor yang sudah tiba di halaman kantor Dishub Kudus. Dalam waktu dekat ini kekeuatan tim Patwal juga akan diperkuat dengan hadirnya satu unit sepeda motor 250 CC yang kini sedang dalam proses pengiriman.

“Akan ada satu unit lagi sepeda motor yang datang disini. Kapasitas mesinnya sedikit lebih besar, namun belum tiba. Sepertinya jenis Kawasaki 250 CC,” tutur Putut, meski belum bersedia menjelaskannya lebih detail. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.