Siswa Diajak Mengaji Sebelum KBM Dimulai

oleh -1,190 kali dibaca
Terlihat para siswa siswi SD 3 Purwosari sedang asyik khusuk membaca juz amma, surat yasin dan juga hafalan surat pendek, Jum'at (2/6/2017)

Kudus, isknews.com – Bulan suci ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah bagi umat islam di seluruh dunia, bulan dimana setiap ibadah baik sunnah maupun wajib akan dilipatgandakan. Selain itu, juga menjadi bulan ‘tarbiyah’ atau pendidikan, dimana setiap muslim diajak untuk melatih diri dan berlomba-lomba dalam kebajikan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh siswa siswi SD 3 Purwosari Kudus, jum’at (2/6/2017). Ya, dibulan ramadhan ini siswa siswi kelas 2 sampai 6 sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) mengikuti program mengaji dan tilawah.

Terlihat para siswa siswi SD 3 Purwosari sedang asyik khusuk membaca juz amma, surat yasin dan juga hafalan surat pendek, Jum’at (2/6/2017)

“Kegiatan mengaji ini tidak lepas dari himbauan surat edaran pemerintah dalam hal ini disdikpora Kudus sebagai modal pendidikan karakter untuk para siswa, di dalam surat edaran nya berisi tentang dikuranginya jam KBM sebanyak 10 menit dari biasanya. Jika pada hari biasa dalam satu jam mata pelajaran selama 45 menit, maka selama Ramadhan menjadi 35 menit.”Jelas Sabani, Kepala Sekolah SD 3 Purwosari Kudus kepada isknews.com

Kegiatan mengaji ini dilakukan sebelum jam pertama KBM, yakni pukul 07.00 – 07.30 pagi. Para siswa siswi kami berwudhu selanjutnya beranjak ke kelas masing masing untuk berkegiatan mengaji, untuk kelas 1 dan 2 ada hafalan doa tuntunan sholat, kemudian kelas 3 dan 4 dilatih hafalan juz amma, lalu kelas 5 dan 6 belajar menghafal surat pendek dan khusus kelas 6 ada penambahan hafalan Asmaul husna, qiro’ati dan mengerjakan sholat dhuha,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, pada tanggal 17 juni 2017 nanti kami mengundang para siswa didampingi wali murid dalam acara khataman qur’an dan tarawih bersama. Ditambahkannya, kegiatan ini bertujuan mempererat silaturahmi antara pihak sekolah dan wali murid sekaligus menjadi penutup dalam kegiatan ramadhan tahun ini di SD 3 Purwosari. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.