Tanamkan Nilai Patriotisme, 23 Pemuda Beradu Kecerdasan Pada Pemilihan Duta Bahasa

oleh

Kudus, isknews.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kabupaten Kudus, mengadakan pemilihan duta bahasa yang digelar di aula taman budaya sosrokartono Bae, Rabu, (17/5/2017).

Bertema, “Sebagai Perwujudan Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Serta Memperkokoh Jatidiri Budaya Bangsa di Tengah Peradaban Global”, Seleksi duta bahasa ini diikuti 23 putra-putri pelajar dan mahasiswa se-Kabupaten Kudus rentan umur 18-25 tahun.

Kasi Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Kudus, Giyono kepada isknews com mengatakan, penyelenggaraan seleksi duta bahasa, sebagai upaya menanamkan nilai-nilai patriotisme yang berwawasan internasional, juga memiliki karakteristik kedaerahan.

TRENDING :  Angkat Budaya dan Kearifan Lokal Melalui Lomba Bercerita

“Materi yang dilombakan ini, selain Bahasa Jawa sebagai bahasa ibu, kemudian Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Materi Bahasa Jawa (bahasa Ibu) tentang wahana tradisi, dan Bahasa Indonesia untuk patriotik, dan Bahasa Inggris adalah wawasan internasional. Dan lomba ini akan berkelanjutan hingga ke tingkat Jawa Tengah. Meskipun sempat vakum 2 tahun sejak 2014 lalu, namun pihaknya optimis, Kudus bisa meraih juara minimal 3 besar,” tuturnya.

TRENDING :  Hilang Sejak Januari 2017, Gadis Asal Gebog Ditemukan Di Rembang

Duta bahasa yang terpilih betul-betul menjadi generasi yang tangguh dan mencintai budayanya sendiri.”Harapnya

“Untuk testnya sendiri meliputi UKB (Uji Kecakapan Bahasa) tertulis, kemudian peserta juga akan diuji lesan oleh para juri,” terang Giyono

Dikatakan Giyono, panitia seleksi duta bahasa melibatkan 3 orang juri, yakni alumni duta bahasa Kudus 2014, Agung Nugroho, Farid dari Akademisi dosen bahasa inggris UMK, dan yang terakhir Praktisi Bahasa Budaya Jawa, Romo sudono wicaksono.

TRENDING :  Lestarikan Budaya, Sanggar Seni Puring Sari Kembali Gelar Lomba Tari Kretek

Pemenang dari pemilihan duta bahasa kali ini berhak melaju untuk mewakili Kabupaten Kudus ke tingkat Provinsi Jawa Tengah,

Lebih lanjut, rencananya final pemilihan duta bahasa tingkat Jawa Tengah,  diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Pati,  pada awal September mendatang. Penyelenggaraan tersebut, juga bersamaan dengan lomba musikal pelajar se-Jawa Tengah. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.