Taufiq: Bertanam Pisang Bisa Gajian Tiap Bulan

oleh -1,676 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Prospek bertani pisang, bahwa jika budidaya pisang diseriusi dengan baik, maka akan menghasilkan passive income yang bisa menyamai bahkan bisa melebihi dari seorang pegawai, dengan kata lain bertani pisang bisa gajian tiap bulan. Mengingat menanam pisang itu, sekali menanam modal berikutnya akan diberikan oleh Allah melalui tunas tunas baru secara gratis.

Sehingga bila hari ini menanam pisang 1000 maka tahun depan bisa menjadi 3000 bahkan 5000 pohon, sebab satu induk dengan perawatan khusus akan memiliki anak lebih dari 5 tunas. Hal itu disampaiakan oleh Rochmad Taufiq, Pimpinan Redaksi Jurnal Economi kerakyatan, di kantornya Daerah Mlati Kidul Kudus (24/10).

Lebih rinci Taufiq menjelaskan, kenapa kita harus menanam pisang, ada banyak alasan kenapa kita menanam pisang, berikut alasannya, Karena pisang salah satu buah yang memiliki sifat basa (PH 8,5) dan memiliki manfaat kesehatan yang multi bagi kesehatan manusia (Yakni : menormalkan fungsi jantung, Membantu pencernaan pada usus, Melancarkan peredaran darah, Menjaga Kesehatan Mata.

“Pohon pisang merupakan tanaman yang memiliki ketahanan hidup dalam berbagai cuaca (cuaca dingin, cuaca panas, musim kemarau, musim penghujan). Karena pohon pisang memilki daya simpan air di dalam pohonnya, sehingga mampu bertahan hidup dalam kondisi ektrim sekalipun. Oleh karena itu budidaya pisang sangat mudah, pohon pisang memiliki kemanfaatan menyeluruh, mulai dari akar/bonggol, batang/gedebok, jantung, bunga, daun dan buahnya semua bisa dimanfaatkan bagi manusia dan binatang. produk olahan buah pisang, bisa dibuat kue, kripik, tepung pisang, serta berbagai masakan olahan yang banyak digemari oleh siapapun tidak mengenal usia,” jelasnya.

“Di daerah Kendal, tempat observasi kami, beberapa petani pisang memiliki lahan Pisang hingga 5 hektar dan dia menjadi milyader, demikian juga petani pisang di Pasedan Rembang dua hektar bisa untung per bulan 20 juta. Petani pisang cavendis di Blora 7 hektar sekali panen 450 pohon, Petani di Karangnyar Demak 24 rb pohon bisa panen 2 Colt pick up per 2 minggu,” tambahnya.

Bertani pisang pada lahan satu hektar bisa untung lebih dari 100 juta sekali panen, padahal pisang sebelum panen (dia) sudah meninggalkan anak (tunas), sehingga bisa panen sepanjang musim (terus menerus). Alias bisa sebagai modal pensiun atau gajian setiap bulan. .

Masih menurutnya, “Kebutuhan pasar, buah pisang baik dalam negeri maupun luar negeri masih mengalami kekurangan pasokan. Pasar Jakarta sekitar minimal 4 truk puso per minggu, pasar Gede bage bandung dan pasar Induk 5 ton per minggu, pasar local semarang satu truk per hari, pasar bitingan kudus satu truk per hari. Dan masing masing pasar disetiap daerah, dan masih banyak lagi, sehingga bila ingin sukses bertani, bertanam  pisanglah solusinya,” tandasnya. (YM)

Bila ingin berkonsultasi tentang dunia perpisangan hubungi Rochmad Taufiq, wa/sms, telpn 081914020218

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :