Tekan inflasi Jelang Lebaran, Pasar Murah di Kudus Bakal Digelar

oleh -1,212 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Untuk menekan laju inflasi serta mengantisipasi lonjakan kenaikan harga menjelang Hari Raya Idulfitri atau Hari Lebaran, Pemerintah akan mengadakan Pasar pada tanggal 4 dan 5 April 2024. Lokasinya di Lapangan Tangsi, Desa Rendeng, Kecamatan Kota, Kudus.

Demikian dikatakan Kabid Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen pada Dinas Perdagangan Kudus, Minan Mochammad kepada awak media pada Rabu, 27 Maret 2024.

Rencananya, lanjut Minan, akan ada ribuan paket sembako yang disubsidi melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kudus dan Provinsi Jawa tengah.

“Pada tanggal 4 April 2024, kami menyediakan sekira 1.200 paket sembako murah. Masyarakat bisa menebus paket sembako bernilai Rp 100.000 dengan membayar Rp 50.000 saja. Isinya itu beras 2,5 kilogram, minyak goreng 1 liter dan gula 1 kilogram,

Sementara Pasar Murah pada tanggal 5 April 2024, diadakan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah dengan menyediakan sekira 1.100 paket sembako murah. Masyarakat bisa menebus paket sembako bernilai Rp 100.000 dengan harga Rp 50.000.

Kalau yang dari pemprov, itu paket sembakonya berisi beras 5 kilogram dan minyak goreng 1 liter,” bebernya.

Teknis pendistribusian paket sembako murah ini, lanjut Minan, akan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dengan menyediakan voucher bagi warga masing-masing. Sehingga, saat pelaksanaannya nanti, warga tinggal menukarkan voucher itu dengan paket sembako.

“Jadi nanti yang punya datanya dari kecamatan, karena dari kecamatan yang tahu persis kondisi warganya, nanti kami (Dinas Perdagangan) tinggal menerima datanya,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :