Tim Elit PDKB PLN Sukses Laksanakan Pemeliharaan Jaringan 20 KV Tanpa Pemadaman

oleh -1,016 kali dibaca
Tim PDKB Gabungan UP3 PLN Kudus, Demak, Semarang, dan Pekalongan usai implementasi kegiatan pemeliharaan jaringan listrik 20KV tanpa adanya pemadaman (Foto: istimewa/PLN)

Kudus, isknews.com – Upaya kegiatan pemeliharaan jaringan listrik 20KV tanpa adanya pemadaman oleh tim gabungan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN berhasil dieksekusi dengan sempurna.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai implementasi dari kegiatan Budaya PLN 2 kolaborasi keandalan jaringan Tim PDKB gabungan tim PDKB UP3 Kudus, Demak, Semarang, dan Pekalongan, Kamis (19/05/2022).

Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan, pemeliharaan dapat dilaksanakan dengan efektif dan dapat tercipta komunikasi yang harmoni antar unit. Pekerjaan kali ini dilakukan untuk menjaga ROW (Right Of Way) jaringan listrik, terutama dari gangguan pohon.

Seperti diketahui, bahwa salah satu penyebab gangguan listrik adalah adanya pohon yang menyentuh dengan jaringan listrik. Oleh karena itu PLN menghimbau agar masyarakat saling membantu untuk melaporkan kepada PLN jika ada ranting pohon atau pohon yang berpotensi bersentuhan dengan jaringan listrik.

Menurut manager UP3 Kudus, Darmadi bahwa eksekusi rabas dan pengamanan jaringan listrik dari pohon adalah hal penting untuk menjaga keandalan jaringan listrik kita.

“PLN akan selalu berupaya untuk menjaga pasokan listrik agar tetap menyala dan dapat dinikmati masyarakat selama 24 jam,” kata Darmadi.

Dilokasi yang sama, Manager Bagian Jaringan Sunoto menyampaikan, pengamanan listrik oleh tim PDKB dilakukan secara profesional dengan memperhatikan aspek aspek keselamatan.

“PDKB adalah tim elit PLN yang sudah terlatih dan bersertifikat khusus,” kata Sunoto.

Menurut dia, keberadaan PDKB itu sendiri adalah untuk meminimalisasi wilayah padam saat dilakukan pemeliharaan jaringan.

Dia meminta agar masyarakat bersedia melaporkan dan hindari setiap aktivitas yang yang dapat menyebabkan gangguan listrik seperti menanam pohon dekat jaringan listrik, pembangunan rumah berdekatan jaringan listrik.

“Termasuk memasang baliho dekat jaringan listrik atau bermain layangan dan balon udara di sekitaran jaringan listrik. Jarak aman dengan jaringan listrik adalah 2.5 meter” tandas Sunoto. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.