Tribun Timur Stadion Wergu Wetan Mulai Dibangun, Kapasitas 1500 Penonton

oleh

Kudus, isknews.com – Hari ini pembangunan tribun timur Stadion Wergu Wetan Kudus mulai dikerjakan, sejumlah alat berat dan truk-truk besar pengangkut material malam ini dijadwalkan mulai akan keluar masuk areal pembangunan melalui akses yang dibuat dari arah Sport Center atau balai jagong di sisi selatan stadion.

Tribun berkapasitas 1500 tempat duduk dengan dua lantai ini dikerjakan dengan anggaran senilai Rp 9,2 miliar dalam waktu pekerjaan selama 120 hari dengan pelaksana pekerjaan PT Reska Esti Utama dari Semarang.

Kabid Olahraga Disdikpora, Minan Muhammad (berbaju batik) saat berbincang di lokasi pembangunan tribun timur stadion Wergu Wetan Kudus dengan sejumlah staf perencana dan pelasana pekerjaan (Foto: YM)

Dari pantauan media ini, sejumlah pekerja terlihat membersihkan area yang akan digunakan untuk pembangunan tribun. Pagar batas tribun yang akan dibangun juga telah ditutup dengan plastik pvc putih agar dalam proses pembangunannya tidak mengganggu jalannya kompetisi sepakbola yang diproyeksikan akan berlangsung di Bulan Oktober.

Menurut Kabid Olahraga Disdikpora, Minan Muhammad, tribun timur berkapasitas 1.200 tempat duduk di lantai dan 300 tempat duduk di lantai 1.

“Fasilitas lainnya adalah 2 mushala, 16 kamar mandi, 4 ruang ganti, 5 unit ruko dengan akses pintu masuk sebanyak 4 titik, dengan desain yang menyesuaikan tribun yang sudah ada sebelumnya. Karena nantinya akan connecting,” kata dia saat ditemui diarea proyek stadion Wergu Wetan, Selasa (08/09/2020).

Dia berharap pembangunan tribun timur tahun 2020 diharapkan memperhatikan desain estetika, kekuatan dan kenyamanan penonton.

Manajer PT Reska Esti Utama, Puryadi, yang juga ditemui dilokasi mengatakan, tribun baru mempunyai panjang 66 meter, lebar 12 meter dan tinggi 13,7 meter.

Namun menurutnya, berbeda dengan tribun utara dan selatan, sesuai gambar desain yang diterima pihaknya dalam pembangunan tribun timur tidak dilengkapi atap seperti sebelumnya.

“Mungkin pembangunan atap akan dilakukan pada anggaran berikutnya,” tuturnya.

Mobilisasi alat berat dilakukan mulai Selasa (08/09) malam ini, dilanjutkan material pada Rabu (09/09) Alat berat dan material didatangkan melalui akses dari selatan.

Disinggung soal potensi gangguan aktivitas pembangunan terhadap latihan Tim Persiku Liga 3 2020, dilakukan dengan menutup area yang akan dibangun.

Saat aktivitas pembangunan meningkat, dimungkinkan dilakukan penyiraman untuk meminimalkan potensi debu.

Bila kompetisi digelar Oktober, diperkirakan pembangunan tribun timur belum tuntas. Namun, dia memastikan pertandingan dapat digelar.

”Kami akan menyiapkan papan skor di tribun timur,” imbuhnya.

Seperti diketahui, pembangunan tribun utara dan selatan senilai Rp 12,4 miliar tuntas 2018.

Bangunan tersebut sempat menjadi sorotan selain desain juga atapnya yang pernah roboh terlanda angin kencang pada November 2018. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :