Pasintel : Peran TNI Dalam Penanganan Bencana Adalah Panggilan Jiwa

by
isknews

Kudus, isknews.com – Setiap terjadi bencana alam, TNI melalui satuan-satuan komando kewilayahannya dengan sigap memberikan bantuan kepada para korban bencana alam. Bantuan kepada para korban bencana alam tersebut dapat berupa evakuasi korban yang selamat, mencari korban yang terkena bencana maupun tindakan-tindakan cepat tanggap lainnya seperti pendirian tenda bagi para pengungsi korban bencana, pendirian dapur-dapur lapangan dan rumah sakit lapangan maupun pendampingan trauma pasca bencana.

TRENDING :  LPBI NU Kudus Gelar Workshop Penyusunan Sistem Peringatan Dini Banjir

Tugas TNI dalam membantu dan penanggulangan bencana alam juga tertuang dalam Undang-undang TNI nomor 34 tahun 2004 mengenai tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang   (OMSP).

Bagi TNI penanganan bencana yang dilaksanakan oleh anggota Kodim 0722/Kudus hal itu bukanlah sekedar perintah semata tetapi lebih ke arah panggilan jiwa demi kemanusiaan, pada grafik bencana alam di Kudus periode tahun ini lebih tinggi terutama tanah longsor dan kebakaran, hal ini harus menjadi perhatian kita bersama.

TRENDING :  Peringati HKBN, Relawan Cepu Latihan Gabungan

Tindakan yang dapat kita laksanakan yaitu dengan membekali warga agar memiliki pemahaman bila ada tanda tanda alam yang berpotensi terjadinya suatu bencana harus segera di laporkan.

TRENDING :  BPBD Kudus Beri Pelatihan Tanggap Bencana Mahasiswa STIKES Cendikia Utama

KOMENTAR SEDULUR ISK :