Pati Duduki Peringkat Pertama Kecelakaan Lalu Lintas

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, Kabupaten Pati tercatat menduduki peringkat pertama kasus Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas). Nahasnya, kalangan pelajar dan usia produktif menjadi penyumbang tingginya angka laka lantas di Bumi Mina Tani.

Diketahui, data Satlantas Polres Pati mencatat ada sebanyak 926 kasus laka lantas hingga saat ini, dan 50 persennya didominasi oleh usia produktif diantaranya pelajar. Bahkan, sedikitnya 23 pengendara pelajar itu diantaranya meninggal dunia dalam laka lantas.

TRENDING :  Fasilitas Sarpras Futsal di GOR Pesantenan Belum Memadai

“Penyumbang angka kecelakaan masih didominasi usia dibawah umur dan usia produktif,” beber Kapolres Pati, AKBP Maulana Hamdan melalui Kasat Lantas, AKP Ikrar Potawari, belum lama ini.

Mengantisipasi hal tersebut, pihaknya sering melangsungkan sosialisasi keselamatan berlalu lintas di sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA).

TRENDING :  Bupati Pati Haryanto Sosialisasikan E Planning Untuk Mudahkan Kinerja BAPPEDA

Tidak hanya itu, razia berlalu lintas rutin digelar untuk menumbuhkan budaya sadar berlalu lintas di Kabupaten Pati. Tujuannya, untuk menekan tingginya angka kecelakaan.

Dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Mereka yang mengendarai kendaraan bermotor minimal berusia 17 tahun. Diperjelas, Pasal 281 setiap orang yang mengemudikan kendaraan harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Selain kami, peran aktif orang tua dan guru untuk mengingatkan para pelajar yang masih dibawah umur untuk tidak berkendara sendiri. Baik, dengan dalih untuk transportasi ke sekolah maupun dalam aktifitas sehari-hari. Ini mutlak dilakukan,” sebutnya.

TRENDING :  Tujuh Pospam Disiagakan Dalam Operasi Ketupat Candi 2018

Setiap tahunnya, lanjut AKP Ikrar, Kabupaten Pati menjadi salah satu daerah rawan yang menempati peringkat atas di Jawa Tengah, dalam kasus laka lantas. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :